10 Fitur Serba Cerdas di Mobil Masa Depan

Teknologi "Mata" pada Volvo
Sumber :
  • Autoevolution

VIVAnews - Berbagai langkah evolusi sedang terjadi dalam perkembangan dunia otomotif saat ini. Ketika sebuah mobil telah menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang, tentunya akan semakin banyak mobil dengan fitur-fitur keselamatan dan teknologi canggih yang akan dikembangkan.

Sistem keamanan tentunya harus menjadi pertimbangan yang utama dalam menciptakan sebuah mobil. Di sisi lain, faktor kenyamanan dan kemudahan berkendara juga tak boleh diabaikan begitu saja.

Saat ini memang sudah banyak diterapkan teknologi canggih untuk keamanan dan kenyamanan pengendara seperti airbag, GPS, sensor kamera. Sistem seperti itu sudah menjadi bagian yang harus dimiliki oleh kendaraan-kendaraan zaman sekarang.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Lalu apa saja fitur-fitur yang akan menjadi syarat dalam sebuah kendaraan di masa depan? Menurut situs otomotif Automotto, ada 10 fitur di dalam yang bakal digandrungi. Berikut daftar lengkapnya:

1. Kamera 360 Derajat

Saat ini memang masih sedikit yang menggunakan sistem kamera dalam sebuah mobil. Sistem kamera yang dimaksud adalah mampu memberikan visibilitas dari berbagai arah kepada pengemudinya.

Teknologi ini memiliki kemampuan berotasi 360 derajat yang mampu melihat segala sudut keadaan sekeliling mobil. Hal ini tentunya akan membantu pengemudinya untuk lebih waspada terhadap bahaya dari samping dan belakang.

2. Cross-Traffic Warning System

Cross-Traffic Warning System merupakan perangkat keamanan tertinggi untuk melindungi mobil. Misalnya ketika sedang berada di tempat parkir dan pengemudi tak dapat melihat sekitarnya ketika akan berbelok, maka sistem ini akan memberikan peringatan bahwa ada kendaraan atau orang di belakangnya.

3. Built-in Refrigerator/Freezer

Built-in Refrigerator merupakan bagian interior dalam sebuah mobil. Berfungsi untuk menjaga makanan atau minuman tetap dingin. Keberadaannya menjadi sangat penting jika sedang berkendara saat musim kemarau yang panas.

4. Night Vision

Fitur ini digunakan bersama kamera untuk melihat dalam cahaya yang minim pada malam hari. Alat tersebut dipasang di bagian atas mobil bersama dengan kamera. Tentunya akan sangat membantu pengendara untuk dapat mewaspadai sekitar mobil saat berkendara di waktu malam.

5. Proximity Keys

Teknologi terbaru ini adalah favorit semua orang. Dengan fitur itu, tak ada lagi yang khawatir mobilnya akan dicuri orang.

Dengan Proximity Keys, pemilik tak perlu lagi membawa kunci mobil karena akan secara otomatis pintu mobil terbuka hanya dengan sentuhan tangan pemiliknya. Fitur ini telah dipasang pada mobil Cadillac CTS Sport Wagon terbaru.

6. Automated Off-Road System

Teknologi ini terbilang sangat keren, karena pengemudi akan bebas melaju di atas segala jenis jalanan tanpa proses yang merepotkan. Daerah berbatu, lumpur, maupun berpasir dapat dengan mudah dilewati mobil dengan fitur seperti ini.

7. Satellite Services

Fitur seperti ini sudah mulai ditemui pada beberapa mobil-mobil modern, karena memungkinkan pengemudi dan juga penumpang lainnya menikmati hiburan saat berkendara.

Sistem ini akan terkoneksi dengan jaringan internet sehingga dapat menayangkan siaran televisi, update lalu lintas, bermain game, musik, radio.

8. iDriver Controller

iDriver Controller adalah fitur canggih yang semakin memudahkan seseorang dalam mengendarai mobil dengan aman. Mobil nantinya akan berjalan dengan diatur oleh sebuah alat dengan tombol-tombol kecil yang cukup responsif dan cepat.

9. Chrysler's uConnect

Perangkat ini mampu melakukan semua perintah pengemudinya untuk melakukan banyak hal selama perjalanan. Chrysler's uConnect adalah perintah sistem suara yang dapat berbicara dengan orang di dalam mobil dan memeringatkan pengendaranya tentang keadaaan di sekitarnya.

Chrysler's uConnect juga memungkinkan pengemudi  mencapai lokasi tujuan dalam waktu cepa, karena dapat memiliki sistem navigasi yang canggih. Fitur tersebut semakin lengkap karena mampu melakukan panggilan telepon dengan orang lain.

10. Traffic 3D Analyser

Fitur mengagumkan ini akan membantu pengendara mengetahui situasi dan kondisi lalu lintas sekitar. Keuntungan lain yang didapat mobil Anda akan lebih cepat dan aman mencapai lokasi tujuan.

Traffic 3D Analyser dapat menghemat biaya bahan bakar karena waktu tempuh perjalanan menjadi lebih singkat.

Laporan: Wahyu Prasetyo | umi

Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024