Rabu, 3 September 2014
11:34 WIB
Pengobatan Gratis PMB
Tujuannya mewujudkan masyarakat yang sehat untuk Indonesia yang lebih baik.
Kegiatan PMB
Rizal Maulana | Rabu, 25 April 2012, 09:41 WIB

VIVAnews - Bandung 22 April 2012, Perhimpunan Mahasiswa Bandung  (PMB) yang merupakan organisasi eksternal kampus dan memiliki tiga asas yaitu Kenasionalan, Kemasyarakatan, dan Kemahasiswaan, mengadakan kegiatan dari salah satu divisi Bidang Senat Pengabdian pada Masyarakat (P2M), berupa pengobatan gratis dan penyuluhan kesehatan gigi yang dilakukan di 3 desa di 2 kecamatan.

Di antaranya desa Bojong Haleuang dan desa Cikande Kecamatan Saguling dan desa Situwangi kecamatan Cihampelas Kab Bandung Barat, dengan tema kegiatan “Mewujudkan Masyarakat yang Sehat untuk Indonesia yang lebih Baik”.

"Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Dies Natalis PMB ke-64 tahun, dengan menargetkan 3000 masyarakat yang berobat dalam kegiatan pengobatan gratis," Ujar Prabu Ningrat Ketua Senat PMB. Kegiatan yang dilakukan di kecamatan Saguling dan kecamatan Cihampelas, memiliki sedikit perbedaan yaitu, di kecamatan Saguling diadakan selama dua hari yakni mulai pada tanggal 21-22 April 2012.

Kegiatan yang bertepatan dengan hari Kartini memberikan berupa penyuluhan kesehatan gigi di dua sekolah, yaitu SD Cikande dan SD Cibodas di desa Cikande, penyuluhan tersebut bekerjasama dengan RSGM FKG UNPAD Bandung. Penyuluhan yang dilakukan, berupa penjelasan dan praktek membersihkan gigi yang benar dan pentingnya kesehatan gigi, terhadap kesehatan tubuh manusia yang lainnya karena saling berkaitan.

Sedangkan hari berikutnya diadakan pengobatan gratis yang bekerjasama dengan Posko Jenggala dan Ma’soem Group yang dilakukan di dua desa yang berbeda. "Pengobatan gratis berupa pemeriksaan kesehatan umum untuk seluruh warga di desa Situwangi dan desa Bojong Haleuang," ujar Istiqlal Rifa Pangestu Ka Bid Senat P2M.

Kegiatan pengobatan gratis dan penyuluhan kesehatan gigi di dua kecamatan yang berbeda, tidak dapat berhasil jika tanpa adanya sebuah dukungan dan kerjasama yang diberikan oleh Alumni PMB 67 yang dimotori oleh Ibu Mutia Farida, Andi Sahrandi dan Nanang Iskandar Ma’soem kepada generasi pengurus Senat dan anggota PMB sekarang yang dimotori Prabu Ningrat sebagai Ketua Senat PMB yang juga mahasiswa dari STHB.

Mutia Farida Alumni PMB 67 mengatakan, "Kegiatan pengobatan gratis merupakan dukungan yang diberikan oleh Angkatan 67, yang diharapkan dengan kegiatan ini semua anggota Perhimpunan Mahasiswa Bandung dapat menjalin hubungan kembali dengan kami para alumni-alumni PMB."

Kegiatan pengobatan gratis ini tidak akan berhasil, jika tidak ada bantuan dari pihak-pihak yang terlibat dalam acara pengobatan gratis dan penyuluhan kesehatan gigi, di antaranya warga-warga dan aparat desa.

“Saya bersyukur dengan adanya pengobatan gratis dari PMB yang di lakukan di desa kami, kebetulan saya lagi terkena penyakit rematik, karena jika tidak ada pengobatan gratis akan kejauhan kalau saya harus pergi ke Rumah sakit atau dokter yang terdekat, dari mana biayanya, salut kepada PMB masih memikirkan rakyat kecil seperti kami” ungkap Eha.

Kegiatan pengobatan gratis dan penyuluhan kesehatan gigi berjalan lancar dan warga sangat antusias, mengikuti rangkaian kegiatan tersebut.

© VIVA.co.id

SHARE

BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER
A A A
Kanal Lainnya