BNPB: DKI Harus Waspadai Reruntuhan Gedung

Suasana Gempa di Jakarta
Sumber :
  • Vivanews/ Tri Saputro

VIVAnews - Badan Nasional Penggulangan Bencana (BNPB) mendesak agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera membuat standar operasional prosedur (SOP) tanggap gempa. Banyak gedung bertingkat, dan pontensi gempa di luar Jakarta yang dapat menggoncang Jakarta sudah harus diwaspadai.

Menurut juru bicara BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, kepanikan warga Jakarta dan pengetahuan yang terbatas mengenai apa yang harus dilakukan sebelum dan setelah gempa sudah harus dirangkum dan dipersiapkan dalam SOP tanggap gempa.

"Sangat penting sekali SOP itu. Ancaman gempa dan banyak gedung bertingkat dengan penghuni yang banyak sudah harus dipikirkan," kata Sutopo kepada VIVAnews, Rabu 18 April 2012.

Langkah siaga menurut Sutopo, perlu dilakukan terus menerus dari mulai kawasan kumuh sampai penghuni di gedung tinggi seperti di kawasan SCBD dan Mega Kuningan. Karena itu, masyarakat perlu dilatih terus menerus, karena ancaman bencana sudah menjadi nyata.

Ditambahkan Sutopo, dampak besar yang harus dipikirkan bukan karena longsor akibat gempa, tapi karena reruntuhan gedung.

"SAR sulit dilakukan karena jalanan Jakarta akan padat sekali. Ini jadi penting kenapa Jakarta perlu menyusun SOP," katanya.

Tapi bukan hanya menjadi kewajiban Pemprov DKI Jakarta saja. Pengelola gedung juga punya tanggung jawab yang sama untuk melatih penghuni kantor mereka.

"Secara bersamaan apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa. Tangga darurat tidak bisa diandalkan untuk evakuasi karena tidak terlalu kuat," katanya.

Tidak hanya itu, Pemprov DKI diharapkan mengeluarkan peraturan daerah khusus mengenai SOP Tanggap Gempa ini. Supaya SOP ini menjadi peraturan yang wajib diikuti seluruh pemilik gedung bertingkat di Jakarta.

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Sementara itu, Kepala BPBD DKI, Arfan Arkili, mengaku masih memprioritaskan pembuatan SOP bencana banjir. Menurut Arfan, banjir masih menjadi bencana utama di ibukota.

"Kami masih memprioritaskan banjir. Namun, kami tentu akan membuat SOP tanggap gempa itu. Untuk saat ini masih dalam tahap baru akan membuat," ujar Arfan. (sj)

Kembali Lagi ke Jakarta Setelah 5 Tahun, TVXQ: Akhirnya Bertemu Kembali
VIVA Otomotif: SPKLU di rest area untuk mobil listrik

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Anggota BPJT Unsur Masyarakat, Tulus Abadi menambahkan pihaknya juga sudah menyediakan SPKLU bagi pemudik, yang berkendara menggunakan mobil listrik di sejumlah rest area

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024