Jus Buah 'Sehat' Ternyata Kelebihan Gula

Jus Buah
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Jus yang sering dianggap sebagai minuman sehat ternyata mengandung gula lebih banyak daripada yang dianjurkan. Tanpa disadari, segelas jus buah mampu menambah hingga 450 kalori dalam diet.

Sebuah survei menunjukkan sebagian besar warga di Inggris meremehkan asupan gula yang dikonsumsi secara teratur melalui milkshake, smoothies dan beberapa jenis jus buah.

Asupan gula harian yang disarankan adalah 5 sampai 8 sendok teh setiap hari. Namun, segelas jus delima 330 ml mengandung 18 sendok teh gula, jus apel 13 sendok gula dan milkshake coklat memiliki 7,5 sendok teh gula.

Penelitian Universitas Glasgow menunjukkan rata-rata warga Inggris mengonsumsi 3.144 kalori seminggu dari asupan cairan non alkohol atau sekitar 450 kalori setiap hari. Nilai ini seperempat nilai kalori yang dianjurkan pada wanita dan seperlima pada pria.

Survei terhadap lebih dari 2.000 warga Inggris juga menemukan, sebagian besar mereka salah menduga kandungan gula dalam jus dan minuman buah. Rata-rata menyebut 1-4 sendok teh. Mereka juga salah menilai bahwa tingkat gula dalam milkshake, smoothies dan jus buah lebih rendah dibandingkan minuman bersoda.
 
Konsumsi berlebihan minuman manis dan gula memengaruhi risiko obesitas, yang merupakan faktor risiko utama kesehatan seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung dan stroke.

Naveed Sattar, profesor kedokteran metabolik di Universitas Glasgow, mengatakan "Apa yang Anda minum dapat merusak tubuh sama seperti apa yang Anda makan. Konsumsi terlalu banyak gula berpengaruh pada obesitas di perut," katanya kepada Dailymail.

Dia menambahkan, survei menegaskan, banyak orang menyangka telah menjalani gaya hidup sehat dengan konsumsi jus buah, namun ternyata sangat tinggi kalori.

Untuk itu, Sattar menyarankan bagi mereka yang berniat menurunkan berat badan, mengurangi jus kemasan dan menggantinya dengan air putih akan membantu menurunkan asupan kalori.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas
Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri (JLM)

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024