Kafein dan Olah Raga Sembuhkan Kanker Kulit

Jogging
Sumber :

VIVAnews - Olahraga dan konsumsi kafein seolah menjadi aktivitas yang penuh dengan kontradiksi. Olahraga jelas baik bagi kesehatan tubuh, sedangkan mengonsumsi kafein secara berlebihan bisa mengakibatkan berbagai masalah pada kesehatan. Tapi ternyata, kedua aktivitas ini bisa secara bersinergi dalam memerangi kanker kulit.

Seperti dilansir dari Daily Mail, sebuah studi yang baru-baru ini
dilakukan di AS, menemukan bahwa kombinasi olahraga dan kafein dapat mengurangi jumlah tumor kulit pada tikus percobaan yang berisiko mengalami kanker kulit sebanyak 62 persen. Tumor tersebut juga menyusut sebanyak 85 persen pada hewan percobaan itu.

"Kami menemukan bahwa pengobatan yang mengombinasikan olahraga dengan kafein dapat mengurangi pembentukan kanker kulit pada tikus," ujar pemimpin penelitian Dr Yao-Ping Lu, dari Sekolah Farmasi Rutgers Ernest Mario di New Jersey.

Para peneliti pun percaya bahwa hasil yang disosialisasiakn pada The American Association for Cancer Research annual meeting di Chicago ini juga dapat diadaptasi pada tubuh manusia.

Pada percobaannya, tikus berlari dalam roda berputar setelah diberikan satu dosis kafein. Baik olahraga maupun kafein memberikan hasil yang positif. Namun, hasil lebih besar didapatkan ketika keduanya dikombinasikan.

Tikus percobaan yang diberi kafein mendapatkan 27 persen sel tumor
lebih sedikit dibandingkan tikus yang tidak diobati. Kanker pada tikus tersebut pun menyusut 61 persen lebih kecil.Pada percobaan dengan olahraga, aktivitas tumor berkurang sebanyak 35 persen dan menyusut sebanyak 70 persen.

Kafein dan olahraga juga tercatat dapat menyebabkan penurunan berat badan sebanyak 92 persen pada tikus yang diberi diet lemak tinggi.

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne
Nassar

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Rekan-rekan artis Nassar ikut merasa berduka, salah satunya adalah Inul Daratista.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024