Dua Menteri Inspeksi Jembatan Marunda


VIVAnews
- Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu dan Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal meninjau kawasan Berikat Nusantara Marunda. Salah satu target inspeksi adalah jembatan Marunda yang sejak 23 hari lalu mengalami kerusakan.

"Hari ini kami memantau perkembangan perbaikan jembatan yang dijanjikan Pemda DKI selesai perbaikannya dua minggu," kata Mari Elka Pangestu di sela-sela inspeksi mendadak di Jembatan Marunda, Jakarta Utara, Sabtu, 14 Februari 2009.

Kerusakan jembatan, kata Mari, menjadikan kemacetan arus lalu lintas barang di Cilincing akibat pengalihan jalur. Sejak 23 hari yang lalu jembatan Marunda yang menghubungkan jalur lalu lintas barang dari pelabuhan Tanjung Priuk menuju ke Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Marunda ambrol.

Padahal, di sisi jembatan ambrol tersebut sedang dibangun jembatan baru yang diperkirakan selesai bulan April 2009. Akibat rusaknya jembatan, kata Mari, arus lalu lintas yang biasanya setiap hari bisa dilalui 6 rit per kontainer pulang pergi pelabuhan dan KBN, maka hanya bisa dilalui 1,5 rit. "Sehingga, menimbulkan biaya transportasi yang tinggi dan kerugian yang cukup besar," kata Mari enggan menyebutkan berapa perkiraan kerugian.

Sedangkan Jusman memperkirakan, perbaikan jembatan akan membutuhkan waktu 2 minggu lagi. "Sekarang perbaikannya sudah lebih baik, kita tunggu saja dua minggu lagi," ujar dia.

Pemerintah DKI, kata Jusman, belum selesai melakukan perbaikan karena proses pengeringan (pengerasan) dengan proses alamiah membutuhkan waktu lama. "Pada waktu sidak 23 hari yang lalu, saya minta perbaikannya jangan bersifat sementara tapi dibuat kuat sekalian," kata dia.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua
Dok

Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan

Sebanyak 17 unit pemadam kebakaran dan 85 personel dikerahkan untuk memadamkan kobaran api.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024