10 Bulan Tertahan, Jenazah TKI Tiba dari Arab

TKI Arab Saudi
Sumber :

VIVAnews - Setelah terkatung-katung selama 10 bulan, akhirnya jenazah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Dede Khodijah (36) dipulangkan dari Arab Saudi. Jenazah TKI asal Kampung Cihanja Desa Lingkung Pasir, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat itu tiba melalui cargo Bandara Soekarno Hatta pukul 14.00 WIB, Senin 4 April 2012.

"Terkatung-katungnya pemulangan ini besar dugaan karena pemerintah tidak serius memprioritaskan pemulangan jenazah Dede," kata Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah kepada VIVAnews.

Dede berangkat ke Arab Saudi pada 24 April 2011 melalui PT Youmba Biba Abadi. Pihak keluarga mendapatkan kabar Dede meninggal setelah tiga bulan bekerja. Menurut Aat Safaat, keluarga Dede, berdasarkan akte kematian yang dikeluarkan RS Damad Al-Am yang diterjemahkan KJRI Jeddah, Dede dinyatakan meninggal karena sakit. Surat itu diterima keluarga pada 28 Juni 2011.

Namun, pihak keluarga meragukan informasi yang menyebut Dede meninggal karena bunuh diri. Keluarga curiga kematian Dede Khodijah yang baru tiga bulan bekerja ini tidak normal. "Pasti ada sesuatu hal yang belum diungkap. Maka kami minta pemerintah mengusut tuntas kematian Dede," ungkap Aat Safaat, keluarga Dede.

Pihak keluarga kembali mendapatkan keterangan berbeda terkait kematian Dede ini. Kali ini, keterangan itu berdasarkan surat Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kementrian luar negeri tanggal 20 Oktober 2011.

"Dalam surat itu diberitahukan bahwa Dede Khodijah meninggal dunia pada tanggal 31 Mei 2011 di rumah sakit umum Damad, Sobiya Gizan karena meminum bahan kimia fosforik organik," ujar Aat.(np)

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang
Nick Kuipers, Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

5 Fakta Menarik Persib Bandung Usai Benamkan Persebaya Surabaya di Liga 1

Persib Bandung berhasil meraih tiga poin usai tekuk Persebaya Surabaya dengan skor 3-1 dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Si Jalak Harupat pada Sabtu sore, 20 April 2024

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024