Telkom Tenderkan Fiber Optik Manado-Papua

Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk sedang mempersiapkan tender pembangunan jaringan fiber optik dari Manado hingga Papua senilai Rp1,5 triliun.

"Manado-Maluku-Papua, sekarang lagi disiapkan tender dan akan selesai pada 2014," kata Head of Corporate Communication and Affair Telkom, Eddy Kurnia, saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa 27 Maret 2012.

Eddy menjelaskan, untuk ring Bali–Nusa Tenggara sepanjang 1.490 kilometer telah selesai dan saat ini ring Sulawesi yang terdiri atas Manado–Papua dengan rute melalui Ternate, Sorong, Manokwari, Biak, Jayapura, Ternate, Ambon, Fakfak, dan Timika sepanjang 5.693 kilometer kabel laut mulai dikerjakan tahun ini. "Diharapkan selesai 2014," ujarnya.

Seperti diketahui, pembangunan Nusantara Super Highway dibagi dalam enam ring untuk menghubungkan berbagai gugusan kepulauan di Indonesia. Enam ring tersebut sejalan dengan penetapan 'Enam Koridor Ekonomi' oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Bentangan ini mencakup ring Sumatera sepanjang 6.891 km, ring Jawa 8.178 km, ring Kalimantan 4.293 km, ring Sulawesi sepanjang 5.422 km, serta ring Bali–Nusra 1.490 km. Bentangan jaringan infrastruktur tersebut dinamakan Nusantara Super Highway.

Proyek infrastruktur itu menelan dana Rp21,19 triliun. Proyek-proyek tersebut dibiayai dari dana internal Telkom.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Pembangunan infrastruktur information and communication technology (ICT) tersebut akan diselesaikan secara bertahap hingga 2014 dengan fokus di Kawasan Timur Indonesia, karena pembangunan infrastruktur ICT di Kawasan Barat Indonesia sudah diselesaikan. (art)

Ghea Indrawari

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Namun di usianya sekarang ini, Ghea Indrawari merasa masih ada banyak hal yang perlu ia lakukan sendiri termasuk mengejar kariernya di industri hiburan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024