Empat Cara Atasi Gangguan PMS

Nyeri Haid
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Bagi sebagian wanita, periode menstruasi adalah masa-masa paling menakutkan dalam sebulan. Berbagai gangguan seperti suasana hati yang naik-turun, kram dan kembung di perut, nyeri pada payudara, hingga tubuh yang terasa penuh membuat wanita kerap hilang percaya diri.

Studi menunjukkan 85 persen wanita mengalami gejala sindrom pramenstruasi (PMS). "Cara mengatasi gejala PMS adalah melakukan perubahan dalam gaya hidup," kata ginekolog Christiane Northrup, MD, penulis "Women's Bodies, Women's Wisdom."

Ada empat strategi mudah yang membantu Anda mengatasi PMS, seperti dikutip fitnessmagazine.

Maksimalkan asupan magnesium
Para peneliti di University of Reading Inggris menemukan suplemen magnesiam mengurangi retensi air yang menyebabkan perut kembung. "Saya merekomendasikan 400-800 miligram magnesium per hari," kata Dr Northrup.

Trade Minister Reveals Cause of Onions Price Hike

Banyak Bergerak dan berolahraga
Meskipun olahraga adalah hal terakhir yang ingin Anda lakukan, membuat jantung memompa membuat Anda merasa lebih baik.

American College of Obstetricians dan Gynecologists menyarankan aerobik teratur untuk meringankan PMS. Olahraga dapat meredakan kram karena membantu produksi endorfin, penghilang rasa sakit alami dari tubuh.

Asupan gandum utuh
Cokelat, es krim, biskuit adalah makan yang kerap diidamkan sesaaat sebelum menstruasi. Namun, makanan ini membuat Anda merasa lebih buruk karena meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dan menurun dengan drastis. "Sebaiknya asup makanan rendah glisemik untuk menghindari gangguan PMS," kata Dr Northrup.

Hindari makanan putih seperti kentang, roti putih, dan gula dan gantikan dengan asupan karbohidrat kompleks seperti roti gandum dan sereal, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Makanan ini akan menstabilkan gula darah dan menjaga nafsu makan.

Pengobatan alternatif
Menurut survei terbaru dari National Center for Complementary and Alternative Medicine, hampir 40 persen orang dewasa menggunakan beberapa jenis pengobatan alternatif.

Dr Northrup merekomendasikan dua pengobatan alternatif, yaitu akupuntur dan refleksi. Dalam satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obstetrics and Gynecology, wanita yang dipijat refleksi pada titik tertentu di telinga, tangan, atau kaki, mengalami penurunan gejala PMS sebesar 46 persen. Pengobatan akupunktur juga menurunkan gejala PMS hingga 78 persen.

Jasa membersihkan lampu mobil.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Lampu mobil menjadi salah satu komponen penting, karena menyangkut dengan keselamatan pengendara dan juga pengguna jalan lainnya. Maka itu, mika lampu jangan sampai kusam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024