Masih Ada 54 TKI Terancam Mati di Arab

Pemulangan TKI Bermasalah : Paspor
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

VIVAnews - Hafidz Bin Kholil Sulam (46) akhirnya tiba di Indonesia, setelah terbebas dari ancaman hukuman mati di Arab Saudi, pukul 11.00, Rabu 21 Maret 2012. Saat ini, ada 54 TKI yang terancam mati di Arab dan belum seberuntung Hafidz.

Kasubdit Perlindungan WNI dan BHI Luar Negeri Dino Nurwahyudin mengungkapkan masih ada 54 TKI yang terancam hukuman mati di Arab Saudi. Sejauh ini, sudah ada tujuh TKI yang bebas dengan menganti uang darah (diyat) sebesar 400 ribu real setara hampir Rp1 miliar per orang.

“Saat ini 18 TKI sedang menjalani proses peradilan untuk pembebasan. Dan 7 orang dinyatakan sudah kembali ke Indonesia,” kata Dino kepada VIVANews di TKI Lounge, Bandara Soekarno Hatta.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia(BNP2TKI) M Jumhur Hidayat mengatakan, pemaafan keluarga korban ditebus dengan uang diyat sebesar 400 ribu real Saudi atau setara hampir Rp1 miliar per orang. "Pembayaran diyat tersebut dari anggaran BNP2TKI," terangnya.

Selain proses pembayaran diyat, perdamaian pelaku dan korban pun perlu diupayakan saat sidang pertama di pengadilan umum.

“Kasus Hafidz yang mendekam di penjara kota Mekah sejak 1999 namun hingga kini baru berhasil dibebaskan karena adanya proses perdamaian. Perlu adanya lobi yang mendalam pemerintah dengan keluarga korban.” (umi)

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes
Ilustrasi membersihkan wajah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Munculnya jerawat bisa karena bermacam-macam alasan, namun yang paling sering dibicarakan adalah jerawat purging dan breakout yang terjadi karena reaksi kulit terhadap sk

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024