Mobil Murah Honda Dirakit di Karawang

Gempuran mobil murah indonesia
Sumber :
  • Istimewa

VIVAnews - Honda Motor Co. Inc. akhirnya mengumumkan akan membangun basis produksi mobil murah Honda Brio di Indonesia. Ini menyusul rencana Honda membenamkan investasi Rp3,1 triliun untuk perluasan pabrik di Karawang, Jawa Barat.

Managing Officer Honda Motor Hiroshi Kobayashi menjelaskan, pabrik yang akan dibangun ini memiliki kapasitas produksi sebesar 120 ribu unit per tahun, sehingga meningkatkan keseluruhan kapasitas produksi menjadi 180 ribu unit mobil per tahun. Diharapkan pabrik itu dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 2.000 sampai dengan 5.000.

"Rencana pabrik yang baru ini akan memproduksi model-model baru, salah satunya Honda Brio," kata ujar Hiroshi di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis 15 Maret 2012.

Semula Honda akan membangun basis produksi Brio untuk Asia Tenggara di Thailand. Namun rencanana ini gagal setelah bencana banjir pada tahun lalu melanda negeri itu.  Indonesia akhirnya terpilih sebagai lokasi alternatif basis produksi mobil murah Honda.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, hasil produksi Brio tak hanya dijual di Indonesia. Tetapi juga akan dipasarkan di sejumlah wilayah di Asia Tenggara. "20 persen akan diekspor," katanya.

Brio yang sudah lebih dulu dipasarkan di Thailand dibanderol seharga Rp 115 jutaan. Mobil ini berukuran sangat kompak, yakni berdimensi 3.610 x 1.680 x 1.485 mm. Dimensi yang mungil ini membuatnya lincah bermanuver, nyaman parkir di tempat sempit, juga mudah dikendalikan.

Dapur pacunya menggunakan mesin 1.200 cc i-VTEC, 4 silinder, mampu memompa tenaga hingga 90 HP atau terbesar dibandingkan rivalnya di kelas city car . Tingkat konsumsi bahan bakar Brio juga diklaim sangat irit, yakni lima liter untuk 100 kilometer alias 1:20 atau memenuhi standar emisi Euro 4.

Untuk transmisi, Brio menggunakan continuously variable transmission (CVT) dan teknologi Honda’s G-Force Control (GCON). Dilengkapi pula dengan dual SRS front airbags, disc brakes, anti-lock brake system (ABS), electronic brake distribution (EBD), serta fitur immobilizer. (ren)

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024
Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024