Ketahui Tiga Makanan Pereda Nyeri Haid

Kacang edamame
Sumber :
  • https://inginsekalisehat.wordpress.com

VIVAnews - Sakit perut, pusing, lemas dan emosi tidak stabil, gangguan ini biasanya muncul menjelang dan selama haid. Tak perlu langsung mengonsumsi obat pereda nyeri untuk mengurangi gejalanya.

Ubah saja menu makanan Anda. Beberapa makanan diketahui bisa mengurangi keluhan akibat haid dan membuat tubuh lebih berenergi, konsumsi saja tiga asupan ini.

Beras merah

Tinggalkan untuk sementara nasi putih dan beralihlah pada nasi merah. Sebelum dan saat haid, muncul kenginnan yang besar untuk mengonsumsi gula dan karbohidrat sederhana.

"Hal terbaik adalah mengonsumsi karbohidrat kompleks untuk menjaga level energi agar tetap stabil. Ada beberapa yang bisa Anda pilih, seperti oatmeal, kentang manis atau whole wheat pasta, dan beras merah bisa diandalkan," kata Marissa Lippert, seorang ahli gizi, seperti dikutip dari Fitness.

Tidak hanya mengandung serat dan nasi merah merupakan sumber karbohidrat kompleks, yang bisa dicerna secara perlahan. Ini juga merupakan sumber magnesium yang sangat dibutuhkan tubuh saat haid.
 
Kacang-kacangan


Jadikan kacang-kacangan sebagai cemilan Anda saat haid. Bukan hanya baik bagi pencernaan tapi juga bisa menjaga kondisi emosi, yang cenderung tidak stabil saat haid.

"Karbohidrat kompleks juga bisa meningkatkan produksi serotonin, zat kimia otak yang membuat perasaan Anda jadi lebih baik," kata Lippert.

Susu atau yogurt


Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi 1.200 miligram kalsium per hari, nyeri haidnya berkurang hingga 30 persen. Ini dibandingkan mereka yang mengonsumsi 500 miligram kalsium.

"Nutrisi yang paling dibutuhkan wanita untuk mengatasi pre menstruation syndrome adalah kalsium," ujar  Lippert. (sj)

Kasus Korupsi Kredit Macet Jaksa Eksekusi Eks Pegawai Bank BNI ke Penjara
Kemenag

Kemenag Bekali Pelatihan Guru dan Pengawasan RA untuk Cegah Stunting Melalui PAUD HI

Kemenag melalui Direktorat Guru dan Madrasah Ditjen Pendis meluncurkan program PAUD HI untuk mencegah stunting sejak dini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024