Sudah Diet Ketat Bobot Tak Kunjung Turun

Timbangan
Sumber :
  • doc Corbis

VIVAnews - Sudah melakukan diet ketat dan olahraga teratur, tapi berat badan tak kunjung turun? Jangan buru-buru menyerah. Ingat, penurunan angka yang ditunjukkan jarum timbangan konvensional bukan tolok ukur utama keberhasilan program pelangsingan tubuh.

Yang terjadi mungkin begini. Anda mengalami penurunan berat badan hanya di awal-awal menjalani program pelangsingan tubuh. Namun, penurunan berat badan tak lagi terjadi di minggu-minggu berikutnya.

Secara medis, penurunan berat badan berlangsung secara bertahap. Mulai dari peluruhan lapisan lemak, otot, lalu air. Setelah sekitar dua minggu menjalani program pelangsingan tubuh, penurunan berat otot dan air umumnya berkurang.

Memasuki minggu ketiga hingga kelima, tubuh justru akan mendapat sedikit tambahan berat dari otot dan air. Kondisi yang disebut 'plateau' inilah yang kerap memicu pelaku diet menyerah karena berat badan cenderung tidak turun dan tidak naik.

Di beberapa kasus, malah terjadi sedikit pertambahan berat badan, karena massa otot yang bertambah lebih berat daripada lemak yang hilang. Tetapi, jika Anda meneruskan kombinasi yang baik antara diet dan olahraga, maka tetap akan terjadi penurunan berat badan.

Jangan terpaku timbangan konvensional karena penurunan berat badan memang sangat dianjurkan secara perlahan. Di beberapa rumah sakit, timbangan badan akan memperlihatkan komposisi massa lemak, otot, dan air.

Jadi, saat berat tubuh tak turun belum tentu tak ada peluruhan lemak. Lanjutkan program diet Anda!

Raisa Takut Kisah Hidupnya Diangkat Jadi Film Dokumenter: Ada Apa Dibaliknya?
Chandrika Chika

Chandrika Chika Pernah Terlibat Urusan dengan Polisi Sebelum Jadi Tersangka Narkoba, Kasus Apa?

Selain Chandrika Chika, ada 5 orang lainnya yang merupakan teman dari selebgram tersebut, di antaranya adalah yang berinisial AT (24), MJ (22), AMO, BB dan AJ.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024