Kekurangan Vitamin D Berpotensi Sclerosis

VIVAnews - Vitamin D tidak hanya terbukti penting bagi kesehatan tulang, tapi juga berkhasiat untuk mencegah penyakit tertentu.

Penelitian sebelumnya membuktikan vitamin D bisa mencegah osteoporosis, hipertensi, kanker, osteoarthritis, meningkatkan sistem imun tubuh, dan segudang manfaat lain.

Kekurangan vitamin D menyebabkan rakhitis pada anak-anak, atau osteomalacia pada orang dewasa. Ini mengakibatkan pelemahan otot dan tulang.

Baru-baru ini, tim peneliti dari Universitas Oxford dan Universitas British Columbia di Kanada menemukan interaksi langsung antara vitamin D dengan varian genetik berisiko menyebabkan penyakit multiple sclerosis.

Multiple sclerosis (MS) adalah penyakit autoimun yang menyerang sistem saraf. Kekurangan vitamin D di usia muda dapat memperbesar kemungkinan terkena penyakit yang diidap oleh 2,5 juta orang di dunia ini.

Secara umum, hanya 1 dari 1000 orang yang akan terjangkit MS. Apabila tubuh kekurangan vitamin D, maka gen tidak akan bekerja dengan baik, sehingga sistem imun tubuh akan menyerang sistem saraf dan menyebabkan pandangan kabur, kebutaan, lumpuh, bahkan kematian.

Dr. Sreeram Ramagopalan dalam bukunya mencatat, "Studi kami menunjukkan bahwa minum suplemen vitamin D selama masa kehamilan dan selama usia muda dapat mengurangi risiko anak terkena MS," tulis Ramagopalan, seperti dikutip dari laman Health News.

Suplemen vitamin D, kata Ramagopalan, aman dan harganya relatif terjangkau dengan manfaat sangat substansial.
Bukti-bukti menunjukkan bahwa vitamin D dapat mengurangi risiko terkena kanker dan memberikan proteksi dari serangan penyakit autoimun.

Berjemur di bawah sinar matahari sedikitnya sepuluh menit per hari dipercaya cukup mencegah defisiensi vitamin D.

Ini karena cahaya matahari membantu produksi vitamin D dalam tubuh tiap harinya.

Vitamin kaya manfaat ini dapat juga ditemukan dalam berbagai makanan seperti ikan, telur, susu, dan minyak hati ikan.

Orang-orang yang berisiko mengalami defisiensi vitamin D adalah orang lanjut usia, mereka yang mengalami obesitas, bayi yang masih menyusu, dan orang yang jarang terkena sinar matahari.

Para penderita yang mengalami ganggunan dalam sistem penyerapan lemak dalam tubuh juga terancam terkena penyakit ini.

Bagi para ibu hamil, para peneliti menyarankan agar mereka meminum suplemen vitamin D atau memberi suplemen vitamin D untuk buah hati saat mereka lahir nanti.

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada
Arsenal

Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?

Ian Wright mengklaim bahwa bintang PSG Vitinha dan pemain Manchester City Kevin De Bruyne memiliki faktor X yang sangat tidak dimiliki Arsenal saat melawan Bayern Munich.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024