Peringatan 7 Tahun Tsunami

"Terimakasih Dunia Telah Menjaga Aceh"

Tsunami di Aceh, 2004
Sumber :
  • http://ioc3.unesco.org

VIVAnews -- Hari ini, tujuh tahun lalu, bencana dahsyat terjadi. Gempa bumi bawah laut dengan kekuatan 9,1 skala Richter mengguncang Samudera Hindia di lepas pantai Sumatera Utara, Indonesia.

Lindu memicu gelombang rasksasa yang menyapu sejumlah pantai di Samudera Hindia hingga ketinggian 30 meter. Tidak hanya Indonesia (Aceh) gelombang tsunami tersebut juga menghantam Thailand, pantai Barat Semenanjung Malaysia, Sri Lanka, India, hingga Pantai Timur Afrika. Inonesia, Thailand, Sri Lanka, India, tercatat sebagai negara terparah yang terkena dampak gelombang tsunami.

Lebih dari 230.000 orang tewas dan jutaan lainnya kehilangan tempat tinggal. Bencana yang menyebabkan korban terbesar dalam sejarah dunia. Indonesia tercatat sebagai negara terparah terkena dampak tsunami dengan jumlah korban meninggal ditaksir mencapai 100 ribu jiwa.

Untuk mengenang musibah itu, seratusan masyarakat Aceh di Padang berkumpul di jalan Bagindo Azischan. Mereka -- mahasiswa, pelajar dan masyarakat melakukan aksi jalan santai dari Bagindo Azischan menuju Bundaran Imam Bonjol.

Dalam aksi ini, mereka mengibarkan bendera sejumlah negara dan membagikan sejumlah catatan pada pengguna jalan. "Ini bentuk rasa terimakasih kita pada dunia dan pengguna jalan di Padang," kata Ikhsan Yunadi, Ketua Himpunan Mahasiswa Pelajar Aceh di Padang pada VIVAnews, Senin, 26 Desember 2011.

Wakil Walikota Padang, Mahyeldi Ansyarullah dan Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet ikut hadir dalam aksi bertajuk "Thank's for the world to keep on Aceh". Menurut Ikhsan, dunia internasional mempunyai peran besar untuk pemulihan Aceh pasca gempa dan tsunami tujuh tahun lalu.

"Ini bentuk solidaritas dan ucapan terimakasih pada dunia dengan mengibarkan bendera sejumlah negara saat jalan santai," tambah Ikhsan. Aksi ini berlangsung singkat dan berakhir di bundaran Ruang Taman Hijau Imam Bonjol.

Laporan: Eri Naldi| Padang

Baca: NASA: Ini Foto Keajaiban Tsunami Aceh

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

KPU menolak menanggapi tudingan dari kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud soal nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024