7 Tahun Tsunami, Warga Padati Kuburan Massal

Tsunami di Aceh, 2004
Sumber :
  • http://ioc3.unesco.org

VIVAnews - Ribuan warga memadati sejumlah kompleks kuburan massal di Banda Aceh dan Aceh Besar untuk mengenang para korban tsunami Aceh tujuh tahun silam. Warga larut dalam doa.

Di komplek kuburan massal Siron-Lambaro, Aceh Besar, warga menggelar zikir dan doa bersama. Doa dan zikir bersama di kuburan massal, tempat dimakamkan 46.718 korban tsunami Aceh ini dipimpin Teungku Ahmad Tajuddin (Abi Lampisang). Hadir para pemimpin dayah di Lampisang Seulimuem dan para pimpinan pesantren di Kabupaten Aceh Besar lainnya.

Selain di Siron, warga Aceh juga menziarahi kuburan massal yang berada di Ulee Lheue, Meuraxa, Banda Aceh. Warga datang untuk menyedekahkan doa dan membaca Alquran Surat Yasin kepada para korban. "Setiap tahun saya mengunjungi beberapa kuburan massal," kata Ainul Mardiah, 58 Tahun, warga Punge Blang Cut Banda Aceh, Senin, 26 Desember 2011.

Saat tsunami Aceh tujuh tahun silam, Mardiah kehilangan tujuh anggota keluarganya, termasuk orang tua, anak dan menantunya. "Anak saya sempat menelpon saya setelah gempa, itu komunikasi kami terakhir," ujarnya.

Di kuburan massal Ulee Lheu, warga menyediakan bunga. Di salah satu sudut makam juga di pajang foto-foto hasil dokumentasi warga beberapa hari setelah tsunami.

Kenaikan Tarif Cukai Disarankan Moderat Menyesuaikan Inflasi agar Tidak Suburkan Rokok Ilegal

Sementara itu Pemerintah Aceh memusatkan peringatan tsunami di Lapangan Golf Lhoknga Aceh Besar. Hadir Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan para pejabat lainnya. Dalam sambutannya, Irwandi mengajak masyarakat membangun kesadaraan dan kesiap-siagaan terhadap bencana, bukan larut dalam kesedihan. (Laporan Riza Nasser, Banda Aceh).

Sakit pinggang.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Sakit leher dan sakit pinggang kerap dikeluhkan oleh pekerja kantoran. Beberapa penyebabnya di antaranya terlalu banyak duduk, terlalu banyak menatap layar komputer.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024