Bibit & Sultan HB X Terima Penghargaan Pangan

Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber :
  • ANTARA/ Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberi penghargaan Adhikarya Pangan kepada lima kepala desa, tujuh bupati, dan empat gubernur.

Lima kepala desa itu adalah Budi Utomo (Sidoarjo, Kulon Progo, DIY); Mustika Sanggana (Tampumea, Luwu, Sulsel); H. Amrizal (Kandang Baru, Sijunjung, Sumbar); Diding Wahyudin (Cipakem, Kuningan, Jabar) dan Noto Siswanto (Karanggintung, Banyumas, Jateng).

Bupati yang menerimanya adalah Hasyim Afandi (Temanggung), Amri Tambunan (Deli Serdang), H.A Sutomo (Soppeng), Indartarto (Pacitan), Sompie F.S (Minahasa Utara) dan Bupati Magetan Sumantri.

Tingkat gubernur, penghargaan diberikan kepada Bibit Waluyo (Jateng), Sultan Hamengkubowono X (DIY), HM Rusli Zainal (Riau) dan Syahrul Yasin Limpo (Sulsel).

Menteri Pertanian Suswono mengatakan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara telah berlangsung sejak 1979. Penilaian tidak hanya mengacu produktivitas pangan, penghargaan serupa juga diberikan untuk pelayanan ketahanan pangan, pemanfaat kreatif teknologi ketahanan pangan dan kepeloporan ketahanan pangan.

"Mereka menunjukkan prestasi luar biasa, dan karena itu akan menerima penghargaan adi karya pangan nusantara," kata Suswono.

Presiden Yudhoyono, dalam sambutannya mengingatkan untuk memperhatikan nasib petani. Sebab, petani merupakan ujung tombak ketanahanan pangan nasional.

"Kami sadari harga pangan bergejolak, ini dipengaruhi harga dunia, kita wajib jaga stabilitas harga pangan, namun penghasilan petani tidak boleh diabaikan," kata dia.

Yudhoyono mengungkapkan, ketahanan pangan sangat terkait erat dengan jumlah penduduk. Tahun ini penduduk dunia tembus 7 miliar. Yudhoyono meramal, pada 2045 akan tembus pada angka 9 miliar.

"Saya sering mengatakan 2045, 9 miliar yang itu artinya perlu tambahan produksi pangan 70 persen," kata dia.

Menurut dia, pertanian harus tumbuh dan penduduk harus
dikendalikan. "Jangan remehkan program keluarga berencana kita, ini tanggung jawab pada anak cucu kita, ekonomi tumbuh, pertanian tumbuh dan pengendalian penduduk," katanya.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024