Gamalama Meletus

Sebagian Kota Ternate Tertutup Abu Vulkanik

Gunung Lokon Meletus
Sumber :
  • ANTARA/Jemmy

VIVAnews - Meletusnya Gunung Gamalama membuat sejumlah warga yang ada di kota Ternate panik. Bahkan, akibat ledakan gunung itu membuat sejumlah wilayah Ternate tertutup dengan abu vulkanik.

Gunung Gamalama Meletus pada Minggu, 4 Desember 2011. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.715 meter dari atas permukaan laut di Ternate, Maluku Utara.

Kondisi dan cuaca sebagian di wilayah Ternate saat ini sedang diguyur hujan deras dan juga gelap karena terjadi pemadaman aliran listrik di kota tersebut. Dengan kondisi itulah, banyak warga yang panik.

Seorang warga Ternate, Ferry Antameng, saat dihubungi VIVAnews.com, Senin, 5 Desember 2011 mengatakan, Warga berbondong bondong untuk mengungsi dan ingin meninggalkan Kota Ternate.

"Saya dan keluarga bersama warga yang lain, semua telah mengemasi barang barang untuk menghindar dari adanya letusan gunung gamalama. Kami yang berada di temapat itu sudah siap meninggalkan Kota Ternate, dan kami semua sangat panik dengan keadaan yang ada," kata Ferry.

Sementara itu, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono, menghimbau bahwa warga yang berada di Kota Ternate, agar tidak panik dengan situasi adanya letusan gunung gamalama. "Gunung sudah meletus tadi malam, sekarang ini status siaga, dan belum naik ke status awas," tegasnya.

10 Negara Paling Religius di Dunia, Peringkat Indonesia Tak Disangka!

Laporan: Roger Wenas | Sulawesi Utara

Hari Paskah

30 Ucapan Selamat Paskah yang Penuh Makna untuk Teman dan Keluarga

Hari Paskah adalah hari raya agama Kristen yang dirayakan untuk memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari kematian yang terjadi pada hari ketiga setelah penyaliban-Nya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024