Wawancara

Atlet Silat Dian: Saya Bukan Pengecut

Dian Kristanto Atlet Pencak Silat Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Dian Kristanto, peraih medali emas SEA Games XXVI cabang olahraga Silat di nomor 45-50 kg putra, bisa jadi adalah satu-satunya atlet penyumbang emas yang dicibir publik. Di saat atlet lainnya mendapat sanjungan dan pujian sebagai pahlawan SEA Games, Dian justru sebaliknya. Tak hanya mendapat cemoohan, banyak yang menganggap Dian tidak sportif.

Kemenangannya atas atlet Thailand, Anothai Choopeng di babak final harus tercoreng oleh upaya terakhirnya mempertahankan poin kemenangan di menit-menit akhir pertandingan. Strateginya di akhir pertandingan untuk memenangkan laga, justru banyak dianggap sebagai tindakan pengecut dan   memalukan.

Bagaimana penjelasan pesilat tersebut menanggapi hal itu? Berikut wawancara Ali Usman, wartawan VIVAnews.com, dengan Dian Kristanto, di Senayan, Jakarta.

Di rekaman video, Anda terlihat menghindar dari pertarungan. Sebetulnya apa yang terjadi saat itu?

Saya sudah unggul atas lawan saya (Anothai Choopeng/Thailand) hingga di babak kedua. Babak pertama, saya bahkan bisa menang jauh dari lawan. Saya berhasil membanting lawan hingga tiga kali dia tersungkur. Poin saya banyak dari membanting itu. Pengalaman saya di beberapa pertandingan sebelumnya, setelah lawan kalah mental, akan lebih mudah mencari poin dari guntingan dan sapuan.

Lawan kemudian memanfaatkan kondisi kaki saya yang cedera. Dia bisa menyusul poin hingga menjelang akhir pertandingan. Kaki kanan saya ini sebetulnya tidak memungkinkan saya tampil di final. Pada saat babak kedua, saya berhasil membanting lawan hingga dua kali. Ternyata, pada bantingan yang kedua, tubuh lawan malah mengenai lutut kaki kanan saya. Saya sangat kesakitan saat itu. Kaki kanan saya langsung tidak bisa lagi digerakan.

Anda mengatakan lutut kanan anda cedera. Sebetulnya seberapa parah cederanya saat itu?

Kata dokter, ada empat urat pengikat di dalam tempurung lutut. Ada ACL, PCL, Miniscus, serta Tendon. Tiga dari empat pengikat milik saya ternyata sudah putus. Saya hanya punya tendon di dalam tempurung lutut saya. Memang sebelum ini saya sempat dioperasi untuk itu. Nah, pada pertandingan final, kecelakaan itu terjadi lagi. Saya tidak bisa berbuat banyak karena lawan-lawan saya memang sengaja mengincar lutut saya.

Dua minggu sebelum SEA Games kaki saya cedera parah. Saya ikut tim SEA Games sebetulnya sempat ragu. Tapi saya paksakan karena saya yakin Tuhan pasti memberikan kekuatan jika kita mau usaha maksimal. Setelah lolos babak penyisihan, menang lawan Myanmar, kondisi kaki saya makin parah. Tapi saya paksakan juga main di semi final.

Di semi final alhamdulillah saya menang lawan Vietnam dan tembus ke final. Sebetulnya ini lawan terberat. Saya sempat bertemu dia di final kejuaraan dunia tahun lalu (2010). Saya menang saat itu dan merebut gelar juara dunia kelas 45-50 kg putra. Di SEA Games ini, meski kaki kanan saya tidak maksimal, dengan modal kepercayaan diri pernah mengalahkan dia itu, akhirnya saya menang dan masuk final.

Bagaimana ceritanya Anda terlihat lari dari lawan dan sempat dituding berlindung di belakang wasit? Anda dituduh pengecut, bagaimana tanggapan Anda?

Sebetulnya itu bukan mau lari atau menghindari pertarungan. Saya bukan pengecut. Saya datang ke SEA Games ini untuk membela Indonesia. Saya bukan atlet yang baru tampil di kejuaraan besar. Saya pernah juara dunia. Bukan cuma satu atau dua kali main silat. Saya lolos ke final tentu saya sudah main bagus sebelumnya.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Lihat video pertandingan di sini

Ini soal pertanggungjawaban saya terhadap negara. Juara itu ditentukan bukan dari pujian mereka di internet. Tapi lewat raihan emas. Dan di partai puncak, saya tidak mau menyia-nyiakan. Saya sudah unggul sampai babak kedua. Risikonya kaki kanan saya makin parah saat itu. Memasuki babak ketiga, sejujurnya saya sudah tidak sanggup bertanding.

Pada saat istirahat, saya hampir menangis menahan sakit. Lawan memang sengaja mengincar ini (sambil menunjukan lutut kanannya yang penuh bekas jahitan). Saat itu saya berpikir, jika satu tendangan lagi saya terima, pasti saya cacat seumur hidup tidak bisa jalan. Saya sempat bilang ke pelatih, saya tidak sanggup. Tolong lempar handuk saja. Saya menyerah.

Lalu bagaimana ceritanya bisa kembali tampil di babak ketiga?

Saat itu semuanya seolah berjalan sangat cepat. Saya minta pelatih untuk menyerah, tapi sudah bunyi 'knong' artinya saya sudah dipanggil. Saya tanya pelatih, Pak Roni Saifullah, dan Pak Karyono, mereka akhirnya meyakinkan saya untuk bisa kembali main. Kamu sudah unggul, waktunya tinggal sedikit lagi untuk mempertahankan kemenangan (Dian menirukan ucapan pelatihnya).

Pelatih menyuruh saya tetap fokus agar tidak jatuh atau dikurangi poin. Mereka sebetulnya tahu saya sudah tidak bisa apa-apa lagi di menit-menit akhir itu. Untuk jalan saja saya sangat kesakitan. Mereka meyakinkan saya terus, sisa waktu pertandingan ini, asalkan kamu bisa mempertahankan, Indonesia juara. Perjuangan kamu sejauh ini tidak sia-sia.

Saya harus atur strategi dengan keadaan seperti ini. Tapi sekali lagi, bukan main curang. Saya harus tetap fokus agar lawan tidak tambah angka. Saya sudah berusaha untuk menyerang lagi. Setidaknya, ini strategi agar tidak diserang duluan. Saya beri lawan dua kali sapuan, dua kali guntingan. Tapi memang tidak maksimal. Tidak kena. Celakanya, waktu kurang dua menit lagi, kaki saya tidak bisa diajak berdiri.

Dalam Pencak Silat, jika sapuan, atau guntingan gagal untuk yang ketiga, skor akan dikurangi. Saya sudah dua kali melakukan itu. Saya tidak mungkin kembali mencoba. Bisa-bisa nilai saya dikurangi. Waktunya kurang dari 15 detik, saya benar-benar harus putar otak bagaimana strateginya untuk menang.

Saya melihat saat itu juri 1 memberikan nilai 30-31 untuk saya. Begitu juga juri 2 yang memberikan nilai 28-29. Saya tidak melihat juri lain. Tapi saya sempat melihat juri 4 juga memberi nilai 18-19 untuk saya. Coba anda bayangkan, dengan perolehan angka tipis seperti itu, kalau saya bikin kesalahan satu kali saja, perjuangan saya habis.

Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024