ASEAN Bahas Visa Bersama

Menlu Marty Natalegawa dan Menlu Kamboja sahkan perjanjian bebas visa
Sumber :
  • VIVAnews/Dokumentasi KBRI Phnom Penh

VIVAnews – Menteri Luar Negeri negara-negara anggota ASEAN akan menggelar pertemuan hari ini untuk membahas rencana pemberlakuan visa bersama ASEAN (ASEAN Common Visa).

Pertemuan Menteri Luar Negeri negara-negara ASEAN ini merupakan lanjutan dari pertemuan para Ketua Pejabat Tinggi negara-negara anggota ASEAN yang digelar dua hari lalu, juga di Bali. Para Menteri Luar Negeri ASEAN kali ini juga akan mengkaji hasil-hasil pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN ke-44 di Bali pada 19 Juli 2011 lalu, dan pertemuan informal Menteri Luar Negeri di New York pada 24 September 2011 lalu.

Beberapa hal yang akan dibahas dalam pertemuan Selasa, 15 November 2011 ini, antara lain mengenai pembentukan Institut Perdamaian dan Rekonsiliasi (ASEAN Institute for Peace and Reconciliation), Traktat Persahabatan dan Kerjasama (Treaty of Amity and Cooperation), dan implementasi Deklarasi Tata Perilaku Pihak-Pihak dalam Laut China Selatan (Declaration on the Conduct of Parties in the South China Sea/DOC).

Dalam pertemuan yang akan dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa itu, juga akan membahas topik-topik mengenai pengembangan komunitas ASEAN, implementasi piagam ASEAN, dan rencana pemberlakuan visa bersama ASEAN (ASEAN Common Visa) untuk warga negara non-ASEAN.

Para menteri luar negeri pun akan saling bertukar pandangan mengenai berbagai isu kawasan dan isu internasional yang menjadi perhatian bersama. Selain pertemuan menteri luar negeri, diagendakan pula pertemuan persiapan para Ketua Pejabat Tinggi Ekonomi Negara-negara anggota ASEAN (ASEAN Senior Economic Officials’ Preparatory Meeting-ASEAN SEOM) dan pertemuan Komisi Traktat Kawasan Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara (South East Asian Nuclear-Weapon-Free Zone Commission Meeting). (eh)

Laporan Bobby Andalan | Bali

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025
Ilustrasi depresi/stres.

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Stres adalah respons alami tubuh terhadap tekanan atau tuntutan dalam hidup. Hal ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti pekerjaan, hubungan atau masalah keuangan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024