Rabu, 30 Juli 2014
22:09 WIB
Persebaya Versi IPL Diresmikan
Ada 29 pemain penghuni Persebaya yang akan mengikuti IPL musim ini.
Like
Persebaya
Muhammad Hasits | Minggu, 13 November 2011, 05:48 WIB

VIVAnews - Persebaya Surabaya meresmikan tim yang akan berlaga di Indonesia Primer League 2011/2012, Minggu, 13 November 2011 dengan menggelar ujicoba menghadapi Persibo Bojonegoro. Selain ujicoba, launching juga dibarengi dengan deklarasi Asosiasi Bonek Surabaya (ABS).

"Acara minggu besok memang diisi dengan dua agenda penting. Tujuannya, kami siap bertarung di kompetisi resmi PSSI dengan dukungan suporter," kata Media Officer, Ram Surahman.

Secara terpisah, asisten pelatih Ibnu Grahan menyatakn 29 pemain yang didaftarkan dalam kondisi fit. Striker Australia Andrew Barisic yang dikhawatirkan cedera panjang, sudah bisa dimainkan dalam ujicoba besok. "Kita akan turunkan pemain terbaik. Termasuk empat skuad asing Persebaya yang sudah fit," ujarnya.

Selain Barisic, musim ini pelatih Divaldo Alves juga diperkuat duo Brasil, Otavio Dutra (defender) dan Alexandre da Silva Mariano alias Amaral, rekrutmen terakhir sektor gelandang. sementara Mario Karlovic bakal mengisi pos John Tarkpor Sonkaley, dirijen lapangan tengah asal Liberia yang tidak dipertahankan di musim ini.

Persebaya memandang serius laga ujicoba ini. Apalagi selama persiapan tak sekalipun mencicipi perlawanan tim sekelas. Tak heran, ada kekhawatiran Persebaya kurang tangguh jika main di kompetisi sebenarnya. "Banyak yang dipetik dari uji coba nanti. Khususnya bagi pemain baru (asing). Mereka perlu dilihat kemampuan dan psikologisnya menghadapi tekanan penonton," sebut Ibnu tentang Amaral dan Karlovic.

Mantan pemain Persebaya ini juga berharap ada beberapa kali uji coba lagi sebelum Persebaya bertanding di IPL, 26 November mendatang. "Minimal dua kali uji coba. Lawannya harus yang kuat. Sebenarnya banyak tim besar yang ingin menguji kemampuan Persebaya. Tapi, batal karena faktor non teknis," ungkapnya.

Deklarasi ABS

Tentang persiapan deklarasi ABS, seluruh perwakilan dari 16 elemen suporter yang bergabung ABS dipastikan hadir semua. Namun belum ada rincian dari elemen mana saja suporter tersebut.

"Sekarang dibentuk tim perumus untuk deklarasi ABS. Sekaligus sebagai persiapan menghadapi kongres bonek I. Kehadiran perwakilan 16 elemen suporter itu akan menambah semaraknya launching Persebaya," ucapnya.

Rangkaian acara ini digelar mulai pukul 12.00-15.00. Selain Wali Kota Tri Rismaharini, juga dihadiri Wakil Walikota Surabaya Bambang DH, Kapolrestabes Surabaya, seluruh anggota DPRD Kota Surabaya dan Deputi Sekjer PSSI Saleh Ismail Mukadar yang juga merupakan Komisaris Utama PT Persebaya Indonesia.

Di tengah persiapan launching tersebut, PSSI masih menyimpan bara. Yakni tidak dipanggilnya Persebaya Divisi Utama yang dijalankan PT Mitra Muda Inti Berlian. Jika itu belum juga dituntaskan, bisa jadi konflik antar suporter terjadi. Pasalnya, Persebaya DU mendapat dukungan dari Yayasan Suporter Surabaya dan Persebaya Fans Club, dua elemen terbesar di Surabaya.

Laporan: Adi Yoga/Surabaya

© VIVA.co.id

Berita Terkait
A A A
Kanal Lainnya