PDIP: Masalah Papua Jangan Dianggap Remeh

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah pusat harus segera membangun dialog dengan tokoh-tokoh Papua. Bahkan jika perlu Presiden SBY hadir langsung ke Papua untuk berdialog.

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi

"Tidak saatnya lagi operasi-operasi intelijen, keamanan, yang melebihi porsi, yang saya kira akan sebabkan masalah. Karena apapun masalah kesejahteraan yang harus diutamakan," katanya saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat 11 November 2011.

Tjahjo mengatakan ada pihak yang berkepentingan dengan Papua. Namun dia enggan menyebutkan siapa saja pihak tersebut. Dia menegaskan operasi intelijen yang cukup terencana, sistematis dan berlanjut di wilayah-wilayah seperti Poso, Maluku, Papua akan terus ada.

Viral Pegawai Minimarket Ribut dengan Tukang Parkir Liar, Netizen: Premanisme Terselubung

"Kami sampaikan pencermatan sekelompok orang melalui jalur Sragen Solo Sukoharjo itu tiga bulan terdeteksi, kok tiba-tiba bom meledak di gereja," tuturnya.

Dia menekankan Indonesia adalah negara kepulauan yang secara geopolitik cukup strategis. Oleh karena itu, banyak kepentingan terhadap Indonesia, termasuk untuk memecah belah Indonesia. Tjahjo menilai harus ada kontra intelijen, kesolidan pemerintah pusat secara terpadu.

Konser Band All Time Low Siap Digelar, Supermusic Janjikan Hal Ini

"Saya kira Papua ini jangan dilihat remeh ya. Jangan dilihat dari sekadar Kongres Rakyat Papuanya, pembunuhan seorang Kapolres, enam anggota Badan Intelijen Negara yang tahu-tahu hilang diterjang ombak, kerusuhan pekerja di Freeport. Saya kira ini sebuah proses entry point untuk masuk ke satu Papua," katanya.

Dia mengingatkan jika tidak ada permasalahan atau gejolak sulit bagi pihak lain untuk memasuki Papua. "Saya kira jalan dialog yang harus dikedepankan. Pemerintah harus lebih proaktif, kalau tidak ini akan membahayakan," ucapnya. (eh)

Inter Milan pastikan Scudetto ke-20

5 Fakta Menarik Inter Milan Juara Serie A Musim 2023/2024

Inter Milan memastikan gelar Scudetto musim 2023/2024 setelah menumbangkan AC Milan dengan skor 2-1 dalam lanjutan Serie A matchday ke 33 di San Siro pada Selasa kemarin.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024