Rakyat Papua Siap Dialog dengan Pemerintah

Suku di Papua
Sumber :
  • VIVAnews

VIVAnews - Jaringan Damai Papua (JDP) menyambut gembira adanya inisiatif pemerintah pusat yang ingin melakukan dialog dengan berbagai kelompok masyarakat di Tanah Papua. Hal ini sebagai upaya mencari solusi atas berbagai permasalahan di Tanah Papua. JDP pun berharap, semua pihak mendukung agar inisiatif pemerintah bisa terlaksana.

Tanggapan ini disampaikan oleh Koordinator Jaringan Damai Papua (JDP), Pater Dr. Neles Tebay, di Jayapura dalam menanggapi pengumuman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menyatakan kesediaan dan komitment pemerintah untuk melakukan dialog dengan masyarakat Papua.

Seperti diketahui, pada Rabu, 10 November lalu, Presiden SBY menegaskan bahwa pemerintah selalu siap berdialog terbuka dengan seluruh komponen masyarakat Papua dalam kerangka mendorong penyelesaian permasalahan dan meningkatkan kesejahteraan di kedua provinsi di ujung timur Indonesia tersebut.

Pengumuman Presiden SBY ini, lanjutnya,  memperlihatkan secara jelas bahwa Pemerintah Indonesia sudah membuka pintu untuk berdialog dengan masyarakat Papua.

"Pernyataan Presiden ini juga memperlihatkan secara jelas bahwa pemerintah mempunyai komitmen untuk menyelesaikan masalah di Tanah Papua dan mencari solusi-solusi atas permasalahan Papua secara damai melalui dialog," ujar Neles, Kamis 10 November 2011.

Komitment pemerintah ini, menurut Neles, mesti didukung oleh semua pihak yang menginginkan perdamaian di Tanah Papua.

"Seluruh komponen masyarakat di Tanah Papua perlu menerima dengan gembira hati atas keterbukaan pemerintah ini dan mendukung sepenuhnya agar dialog ini dapat dilaksanakan secara lancar," ucapnya.

Begini Penampakan Rudal Balistik Iran yang Ditembak Jatuh Israel di Laut Mati

Anti Kekerasan

Semua pihak meyakini bahwa kekerasan, entah apapun bentuknya dan motivasinya, tidak akan menyelesaikan berbagai masalah yang mesti dicarikan solusinya.

"Hanya dalam dialog, berbagai pihak yang terlibat dalam konflik Papua dapat bertemu, mengidentifikasi masalah dengan tenang, dan menggunakan akal sehat dalam mencari solusi-solusi yang realistis dan komprehensif," terang Neles.

Ia pun beranggapan, dialog tidak boleh dimengerti sebagai  suatu ajang perdebatan. Pemerintah dan rakyat Papua tidak beradu argumentasi untuk menentukan siapa yang menang dan kalah dalam dialog.

"Dialog juga tidak dimaksudkan sebagai tempat pengadilan. Maka Pemerintah dan rakyat papua dan pemerintah tidak boleh saling menuduh, menuding,mengadili, dan mempersalahkan satu sama lain dalam dialog,"papar Neles. (ren)

12 Program Kerja KSAU Baru, Meningkatkan Pola Operasi hingga Persiapan Mobilisasi ke IKN

Laporan : Banjir Ambarita l Papua

Logam mulia emas.

Harga Emas Hari Ini 17 April 2024: Global dan Antam Stabil Tinggi

Harga emas internasional bertahan stabil pada perdagangan Rabu, 17 April 2024. Itu terjadi karena permintaan safe-haven di tengah ketegangan berlangsung di Timur Tengah.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024