Kamis, 31 Juli 2014
12:21 WIB
Tinju (Boxing)
Like
Tinju
Edwan Ruriansyah | Jum'at, 4 November 2011, 12:03 WIB

Tinju adalah kombinasi olahraga dan beladiri yang menampilkan dua orang atlet. Mereka memiliki berat sama bertanding satu sama lain dengan menggunakan tinju dalam rangkaian pertandingan berinterval tiga menit yang disebut "ronde". Di Olimpiade ataupun olahraga profesional, kedua petinju menghindari pukulan lawan sambil berupaya mendaratkan pukulan ke lawannya.

Nilai diberikan untuk pukulan yang bersih dan mantap ke bagian depan badan, pinggang ke atas yang sah dari lawan. Biasanya, pukulan ke kepala dan dada mendapat nilai lebih. Petinju dengan nilai yang lebih tinggi setelah sejumlah ronde yang dimainkan akan dinyatakan sebagai pemenang.

Kemenangan juga dapat dicapai jika lawan dipukul jatuh dan tidak dapat bangkit sampai hitungan kesepuluh dari wasit (Knockout atau KO). Atau jika lawan dinyatakan tidak mampu melanjutkan pertandingan (Technical Knockout atau TKO). Untuk keperluan catatan pertandingan, TKO dihitung sebagai KO.

Kelas yang dilombakan:

Putra

Putri

Terbang Ringan

46-49 kg

Pin Weight   

46 kg

Terbang

52 kg

Terbang Ringan

48 kg

Bantam

56 kg

Terbang

51 kg

Ringan

60 kg

Bantam

54 kg

Welter Ringan

64 kg

Bulu

57 kg

Welter

69 kg

Ringan  

60 kg

Menengah

75 kg

Berat Ringan

81 kg

Jadwal:

Di SEA Games XXVI tahun 2011 cabang olahraga Tinju dikategorikan sebagai olahraga beladiri (martial art sports). Tinju akan dipentaskan di Universitas Sriwijaya, Palembang 14-21 November 2011 dengan memperebutkan total 14 medali emas.

 

© VIVA.co.id

Berita Terkait
A A A
Kanal Lainnya