Petanque

Logo SEA Games 2011
Sumber :
  • SEAG 2011

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Permainan ini berasal dari Prancis, dimainkan dengan cara melempar bola besi sedekat mungkin terhadap bola kayu/jack (cochonnet) yang ukurannya lebih kecil dari bola. Posisi pelempar harus berada di lingkaran kecil dan berjarak beberapa meter. Asumsinya adalah tidak mudah untuk melempar bola besi (boules) dengan berat beberapa kilogram ke arah bola kayu ditambah dengan lemparan lawan yang bisa menjauhkan posisi bola besi dari posisi cochonnet. Permainan ini biasa dimainkan di rerumputan, pasir, tanah keras dan permukaan tanah lainnya.

Aturan permainan ini sangat sederhana dimana setiap bola besi yang mendekati boules (bola kayu) akan mendapat satu poin. Para pemainnya terdiri dari dua, empat atau enam orang yang dibagi menjadi dua tim. Dalam pertandingan single atau double masing-masing pemain akan mendapat tiga boules,  sementara jika tiga orang akan mendapat masing-masing dua boules. Tim pertama yang mencapai angka 13 maka akan disebut sebagai pemenang. Permainan akan berakhir jika masing-masing pemain tidak memiliki boules untuk dilempar atau habis.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Nomor yang dipertandingkan:

- Tunggal putra

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

- Tunggal putri

- Ganda putra

- Ganda putri    

- Shooting putra

- Shooting putri

Jadwal

DI SEA Games XXVI, petanque yang dikategorikan sebagai olahraga konsentrasi (concentration sports) akan 6 medali emas. Petanque akan digelar pada 12-17 Oktober 2011 di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya