4-11-1995: Pembunuhan PM Israel Yitzhak Rabin

Yitzhak Rabin
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Pada 16 tahun yang lalu, Perdana Menteri Israel, Yitzhak Rabin, tewas dibunuh. Rabin ditembak tiga kali dari jarak dekat saat sedang meninggalkan aksi damai. Rabin akhirnya tewas di rumah sakit.

Rapat kabinet darurat segera digelar. Menteri Luar Negeri Israel Shimon Peres ditunjuk untuk melaksanakan tugas perdana menteri.

Pelaku penembakan ditangkap dan diketahui bernama Yigal Amir. Amir diduga merupakan salah satu pelaku pembangunan pemukiman Yahudi ilegal di Tepi Barat. Dia juga diperkirakan berasal dari sebuah organisasi ekstremis sayap kanan.

Stasiun televisi Israel TV melaporkan Amir, 27 tahun, telah mengaku menembak Rabin. Amir juga tidak menyesali perbuatannya itu.

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Menurut harian Haaretz, Amir akhirnya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas pembunuhan Rabin. Hukumannya pun oleh pengadilan ditambah 14 tahun penjara karena melukai pengawal Rabin dan terbukti bersalah atas kasus persekongkolan untuk membunuh.

Laman stasiun televisi BBC memberitakan sekitar 100 ribu warga Israel menghadiri aksi damai mendukung langkah Rabin mendekati Palestina. Pengamanan sangat ketat namun polisi mengizinkan kelompok penentang perjanjian perdamaian Israel-Palestina berunjuk rasa di sekitar lokasi aksi.

Para pemimpin dunia menghadiri pemakaman Rabin, dua hari setelah kematiannya. Presiden Amerika Serikat (AS) saat itu, Bill Clinton memuji Rabin atas upayanya mengejar perdamaian.

Pimpinan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Yasser Arafat, juga menyampaikan duka cita atas nama warga Palestina. "Saya harap kita semua, rakyat Palestina dan Israel, dapat melewati tragedi ini dan mampu melanjutkan upaya perdamaian untuk Timur Tengah," kata Arafat.

Momen Bersejarah, Al Quran Berbahasa Gayo Hadir Memperkuat Identitas dan Budaya Aceh
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024