Qantas Hari Ini Berencana Kembali Beroperasi

Armada maskapai penerbangan Qantas
Sumber :
  • REUTERS/Daniel Munoz/Files

VIVAnews - Maskapai penerbangan asal Australia, Qantas, direncanakan kembali beroperasi hari ini. Ini berkat keputusan pengadilan independen, yang memerintahkan berakhirnya sengketa antara manajemen Qantas dengan para karyawan yang menjadi anggota serikat buruh.

Menurut stasiun berita BBC, Kepala Eksekutif Korporat Alan Joyce menjanjikan bahwa Qantas akan mulai kembali melanjutkan layanan pada Senin sore waktu Australia. Namun, pemulihan layanan masih terbatas.

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?

Sejak Sabtu pekan lalu, Qantas menghentikan semua layanan penerbangan, baik domestik dan internasional, lantaran aksi mogok para karyawan.

Sejak Agustus lalu kedua pihak saling bersengketa setelah manajemen berencana merombak sistem operasional dan menyerahkan sejumlah layanan ke tenaga kontrak dari tempat lain (outsource). Rencana itu sangat ditentang para karyawan Qantas karena bisa terjadi pemutusan hubungan kerja secara massal hingga mencapai hampir 1.000 orang.

Itulah sebabnya muncul aksi mogok kerja yang berujung pada lumpuhnya layanan Qantas. Masalah ini turut membuat prihatin masyarakat dan pemerintah Australia, termasuk Perdana Menteri Julia Gillard.

Namun, sebagai pengadilan independen yang menampung klaim dari maskapai, serikat buruh dan pemerintah, Fair Work Australia memerintahkan Qantas kembali beroperasi mulai hari ini. Belum ada perkembangan apakah pengadilan itu juga telah mengatasi pertikaian antara manajemen maskapai dan serikat buruh secara tuntas.

Sejumlah penundaan jadwal penerbangan hingga berhentinya operasional Qantas sejak Sabtu pekan lalu telah menyebabkan maskapai itu kehilangan pendapatan sedikitnya A$15 juta, atau sekitar Rp139,3 miliar per minggu.

"Ini adalah masa yang berat bagi Qantas, termasuk bagi karyawan, konsumen, dan pemegang saham," kata Joyce. Dia berharap penyelesaian sengketa itu bisa segera tuntas dengan melibat semua pemangku kepentingan.

Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Baru-baru ini, beredar video viral menunjukkan peristiwa kecelakaan pengendara motor menabrak mobil BMW Seri 5 yang sedang ingin menyeberang dari sisi kanan jalan ke arah

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024