Kunci Agar Produk Perawatan Bekerja Maksimal

Kulit sehat. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Dengan membeli produk perawatan kulit yang mahal, tentu Anda berharap mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, jangan menyerahkan sepenuhnya pada keunggulan produk.

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah menggunakan produk sesuai aturan pemakaian dan teratur. Lalu, agar penyerapan produk makin efektif, Anda bisa melakukan empat trik berikut, seperti dilansir dari allure.com.

1. Eksfoliasi
"Anda harus selalu berpikir kalau sel kulit mati sebagai penghalang. Jadi, harus dihilangkan sebelum menggunakan produk perawatan, agar bisa meresap ke dalam kulit," kata Amy Wechsler, seorang dokter kulit.

Bentuknya bisa sangat halus atau pun tebal. Jika Anda merasa kulit sangat kusam, bisa jadi tumpukan sel kulit mati sangat tebal, sehingga harus dibersihkan dengan scrub yang teksturnya agak kasar, pembersih berbahan dasar enzim atau asam. Jadi, selalu bersihkan wajah sebelum mengaplikasikan krim siang atau krim malam.

2. Utamakan penggunaan bahan paling aktif

Masalah kulit yang kompleks, seringkali membuat kita menggunakan dua produk perawatan yang berbeda. Misalnya menggunakan obat jerawat dan menggunakan krim malam agar kulit tetap sehat.

Agar kerja produk tetap efektif, aplikasikan dulu yang bahannya paling aktif. Misalnya, aplikasikan dulu obat jerawat, lalu kenakan krim pelembab wajah yang mengandung sun protection formula.  Jika Anda menggunakan dua produk untuk dua masalah yang berbeda, aplikasikan satu produk pada pagi hari dan produk yang lain pada malam hari.

3. Aplikasikan di kulit yang bersih

Ingat, bersih bukan berarti basah. Seringkali, hanya dengan membasuh dengan air dan kulit menjadi basah, Anda sudah menganggapnya bersih.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Padahal, masih terdapat banyak kotoran yang menempel. Selalu pastikan kulit benar-benar dalam keadaan bersih, sebelum mengaplikasikan produk perawatan apapun itu. Itu karena, kulit yang bersih seperti spons yang mudah menyerap bahan aktif dari produk, sehingga kerjanya menjadi lebih efektif.

4. Hangatkan kulit
Sesekali, coba bersihkan kulit dengan air hangat. Cuci muka dengan air hangat akan menaikkan suhu kulit, menyebabkan pembuluh darah dan pori-pori melebar. "Pori-pori dan pembuluh darah yang melebar, berarti ada area permukaan yang lebih besar untuk penyerapan dan membantu produk meresap ke dalam kulit," kata Heidi Waldorf, seorang  ahli kecantikan. 

Ditambah lagi, interaksi bahan aktif dengan sel kulit akan lebih cepat saat kulit dalam kondisi hangat. Namun, jangan terlalu sering membersihkan wajah dengan air hangat, terutama bagi  Anda yang memiliki jenis kulit kering. hal ini dapat menyebabkan kulit kehilangan minyak alaminya. 

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024
Tarisland

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

Kini, official Tarisland semakin meningkatkan kegembiraannya dengan diumumkannya event Tarisland Superstar, sebuah langkah yang telah menciptakan kehebohan pada komunitas

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024