KPK Laporkan 3 Kementerian ke Presiden

Busyro Muqoddas
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas mengatakan lembaganya melaporkan tiga kementerian kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Pendidikan Nasional," kata Busyro di Kantor PBNU, Jakarta, Jumat 30 September 2011.

Mantan Ketua Komisi Yudisial itu menjelaskan maksud pelaporan itu adalah "untuk perbaikan sistem, bukan tuduhan korupsi".

Busyro menjelaskan pelaporan itu agar berbagai proses terkait tata kelola masing-masing kementerian transparan dan harus diperbaiki. "KPK punya kewenangan itu dan diatur UU. Kami akan lakukan itu," tambahnya.

Seperti diketahui, wacana perombakan kabinet (reshuffle) mengemuka akhir-akhir ini. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah memastikan, reshuffle akan dilaksanakan sebelum 20 Agustus 2011, sebelum genap dua tahun usia Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Dipo Alam mengatakan penilaian UKP4--yang menyatakan nilai merah merata di semua kementerian--bukan satu-satunya alasan untuk merombak kabinet. "Saya pikir soal merah, biru, hijau itu tidak the only assesment untuk ada reshuffle," kata Dipo, di Kantor Presiden, 29 September 2011 lalu.

Menurut Dipo, penilaian Presiden lebih komprerensif. Evaluasi kabinet tidak hanya berdasarkan nilai rapor versi UKP4, akan tetapi juga fakta integritas dan kinerja kementerian bersangkutan. (kd)

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024