Hampir Mati Akibat Keranjingan Olahraga

Danielle Yallop
Sumber :
  • menmedia.co.uk

VIVAnews - Danielle Yallop tak menyangka obsesinya memiliki tubuh sehat dan bugar justru membuat nyawanya terancam. Pejabat marketing Manchester United ini mengalami pembekuan darah yang cukup serius akibat terlalu sering olahraga.

Danielle, yang memiliki kebiasaan fitness di pusat kebugaran lima kali seminggu, harus menjalani operasi darurat untuk mengangkat salah satu tulang rusuknya yang tertimbun gumpalan darah beku.

"Aku selalu menjadi orang yang sehat, saya tak pernah mengalami masalah seperti ini sebelumnya. Saya tak menyangka semua ini terjadi akibat fitness," kata wanita 24 tahun itu, seperti dikutip dari Fox News.

Danielle mulai merasa ada yang tidak beres dengan kesehatannya saat menemukan benjolan di bawah lengannya. Sempat menganggap remeh, ia akhirnya ke rumah sakit setelah benjolan itu membengkak. Ia didiagnosis menderita Deep-vein thrombosis (DVT).

Benjolan itu rupanya bekuan darah yang menggumpal di dalam pembuluh darah. Mengonsumsi obat-obatan tak cukup menyelamatkan hidupnya. Ia harus menjalani operasi pengangkatan salah satu tulang rusuknya demi mengurangi tekanan ke dinding arterinya.

"Ketika tubuh terus diforsir olahraga, otot menjadi tegang dan membengkak sehingga mengompresi pembuluh darah dan memicu pembekuan darah yang bisa berujung kematian. Tapi, itu juga tergantung resistensi otot masing-masing terhadap stres," kata Profesor Mo Baguneid, ahli jantung di Rumah Sakit Alexandra, Manchester, Inggris.

Baguneid menegaskan bahwa olahraga penting untuk mempertahankan kebugaran tubuh. Namun, hendaknya dilakukan secara moderat berpadu dengan pola makan yang teratur. "Kasus ini tidak akan membuat saya trauma berolahraga," Danielle menambahkan. (eh)

Kata Pelatih Australia Usai Dikalahkan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia
Legenda Sepak Bola Brasil Romario

Legenda Sepakbola Brasil Romario Umumkan Comeback di Usia 58 Tahun

Pada usia 58 tahun, legenda sepak bola Brasil Romario telah mencatat riwayat hidup yang mengesankan. Kabarnya, ia comeback bergabung dengan Amerika sebagai pemain.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024