Tujuh Makanan Ini Ampuh Turunkan Kolesterol

Alpukat
Sumber :
  • tipsmakanminum.com

VIVAnews - Lebaran telah usai, namun dampak makanan berlemak dan berkolesterol tinggi masih menghantui. Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh yang kadung naik akibat makanan-makanan khas lebaran tersebut, Anda dapat menyiasatinya dengan mengkonsumsi makanan-makanan berikut.

1. Bawang putih
Konsumsilah bawang putih setengah hingga satu siung sehari secara bertahap selama satu bulan untuk menurunkan 9 persen dari kadar kolesterol tubuh. Namun, pastikan Anda memperhatikan dosisnya karena terlalu banyak mengonsumsi bawang putih pun tidak baik bagi tubuh
seperti diare, demam, bahkan peradangan lambung.

Salah satu zat antikolesterol paling kuat pada bawang putih adalah ajoene. Zat ini dapat mencegah penggumpalan darah. Penelitian yang dilakukan oleh Pusat Riset Obat-obatan di Tagore Medical College, India, pada 1981 membuktikan bahwa bawang putih baik mentah maupun diolah mampu mengurangi pembekuan darah pada pasien jantung.

2. Tempe
Tidak hanya kandungan isoflavon di dalamnya yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan niacin yang 5 kali lebih banyak dari kedelai pun mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.

3. Ikan
Ikan kaya akan asam lemak tak jenuh berupa omega3 yang tidak hanya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, tetapi juga mencegah terjadinya penggumpalan darah.

4. Teh
EGCG (epigallocatechin gallate), komponen bioaktif di dalam teh terbukti mampu mencegah percepatan oksidasi kolesterol jahat. Sehingga, penyumbatan pembuluh darah pun dapat dicegah.

5. Alpukat
Buah ini termasuk buah yang mengenyangkan karena kandungan lemaknya yang tinggi. Tapi jangan salah, alpukat justrtu mampu menurunkan kolesterol karena lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh.

6. Apel
Apel adalah saah satu buah kaya anti oksidan dan vitamin C. Selain itu, kulit apel pun memiliki kandungan pektin yakni serat yang dapat larut di dalam tubuh yang ampuh menurunkan kadar kolesterol.

7. Blueberry
Hasil penelitian yang diungkapkan pada American Chemical Society mengatakan bahwa komponen pterostilbene dalam blueberry mampu menstimulasi protein reseptor yang ada di dalam sel. Pada penelitian lainnya, zat pterostilbene juga diklaim dapat mengobati kanker dan
diabetes.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib
Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024