Senin, 21 April 2014
14:22 WIB
Inilah Dua Mobil yang Mengancam Honda Jazz
Seperti apa kecanggihan dua mobil ini?
Like
All New Mazda2
Sandy Adam Mahaputra | Kamis, 25 Agustus 2011, 16:07 WIB

VIVAnews - Honda Jazz laku keras di Indonesia. Meskipun beberapa kompetitornya berjuang habis-habisan, namun Jazz tetap unggul dan mendominasi di segmen mobil hatchback,  mobil sedan tanpa ekor.

Setelah Toyota Yaris, Suzuki Swift, dan Nissan Livina, Jazz kembali akan mendapat penantang kuat dari manufaktur Jepang lainnya, yakni Mazda melalui Mazda2. Hatchback yang punya nama lain Demio ini tampil keren dengan penyematan doublemuffler di bagian belakang.

Mobil ini memiliki keunggulan, diantaranya adalah desain yang lebih modern, berkualitas tinggi, bermesin tangguh dan pastinya hemat bahan bakar.

Dari segi interior, Mazda2 memiliki kemewahan yang ada di mobil sedan premium. Terlihat dari indikator, control swich instrumen dashboard dan setir. Perbedaan hanya ada pada bahan pelapis jok warna beige yang lebih terang.

Untuk audio, telah dilengkapi fitur ALC (Automatic Level Control) yang dapat menyesuaikan volume dengan tingkat kebisingan kabin. Tidak hanya itu, ruang kaki yang diberikan Mazda2 untuk penumpang depan dan belakang juga cukup lega.

Mazda2 dibekali mesin berkapasitas 1.5 liter 4-silinder, DOHC 16-valve yang memproduksi tenaga 103 hp pada 6.000 rpm dan torsi 137 Nm pada 4.000 rpm. Diklaim Mazda2 mencatatkan konsumsi bahan bakar luar kota 17,8 km/liter, dalam kota 11,23 km/liter dan kombinasi 14,7 km/liter.

Soal harga, Mazda2 Sedan sangat kompetitif. Untuk tipe S M/T dilepas Rp 220 juta. Sedangkan tipe S A/T Rp 230 juta. Sementara Mazda2 Sedan R M/T dibanderol Rp 236,5 juta dan tipe R A/T Rp 245 juta.

Bahkan, dalam ajang Indonesia International Motor Show 2011,
PT Mazda Motor Indonesia (MMI) selaku agen tunggal pemegang merek Mazda mampu menjual Mazda 2 sebanyak 824 unit.

Ancaman lain datang yang dihadapi Honda Jazz, datang dari hatchback asal Negeri Paman Sam, Ford Fiesta, di mana sepanjang semester satu 2011, Ford Fiesta mampu terjual sebanyak 3.428 unit di Indonesia.

Hatchback yang diproduksi di Thailand ini memang bertekad menggoyang kedigdayaan Honda Jazz yang menjadi jawara di segmen ini.

Mobil ini memboyong dua varian, 1.6 dan 1.4 liter. Fiesta merupakan perpaduan cita rasa Eropa dan kekuatan brand Amerika Serikat. Tidak salah bila FMI optimis bisa mendulang sukses dai Fiesta untuk pasar Indonesia.

Desain Ford Fiesta menyajikan paras yang cantik, elegan dan sportif. Bonnet depan terlihat futuristik dan modern berkat desain grille besar dan lampu depan yang mengikuti lekuk body.

Sedangkan desain bokongnya terlihat seksi dan tidak membosankan dipandang. Interiornya juga terkesan modern dan sprotif. Terlebih, lingkar kemudi dibekali kontrol audio.

Soal performa, hatchback ini dipersenjatai mesin Duratec, 4-silinder, 1.4 liter, yang mampu melemparkan tenaga 95 hp pada 5.750 rpm serta torsinya mencapai 128 hp pada 4.200 rpm. Mesin dipadu transmisi otomatis 4-speed. Raungan suara mesinnya cukup halus, bahkan di dalam kabin terasa senyap.

Dengan dimensinya yang compact Fiesta sangat cocok sebagai mobil perkotaan. Fiesta dinilai sangat membantu membelah kemacetan kota-kota besar, seperti Jakarta. Ford Fiesta 1.4L AT dibanderol Rp187 juta. Fiesta bisa menjadi alternatif Anda yang ingin bergaya modis dan sportif.

© VIVA.co.id

Berita Terkait
A A A
Kanal Lainnya