NU Jatim Mulai Tarawih Malam Ini

Tarawih
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - PWNU Jawa Timur menentukan pelaksanaan salat Tarawih bisa dilakukan mulai malam ini. Keputusan itu dilakukan setelah Tim Rukyah Hilal yang berada di kantor PWNU Jatim, Surabaya menerima laporan dari sejumlah petugas yang telah membuktikan melihat hilal saat melakukan pengamatan di sejumlah lokasi di Jatim.

"Hasilnya positif, malam ini bisa dimulai pelaksanaan salat Tarawih. Laporan yang masuk menyebut tiga orang petugas Rukyah di Bukit Condro, Gresik telah melihat bulan pada pukul 17.25 WIB. Mereka adalah Sholahuddin, Imamuddin, dan Muhyidin. Saat dilaporkan kepada kami, ketiga petugas tersebut tengah dilakukan proses penyumpahan," kata Wakil Ketua PWNU Jatim yang juga Ketua Tim Rukyah, Sholeh Hayat ditemui VIVAnews.com di ruang kerjanya, Minggu 31 Juli 2011.

Disebutkan, keputusan itu juga didasari hasil laporan petugas Rukyah lainnya di sejumlah titik di Jatim yang dipakai sebagai lokasi peneropongan. Di antaranya, Pamekasan, Pantai Serang di Blitar, Pantai Tanjung Kodok di Lamongan, Pantai Gebang di Bangkalan, Pantai Kalbet di Situbondo, Pantai Ketapang, Gilimanung, Pantai Nambangan di Surabaya, Pantai Kencong di Jember, dan Bukit Condro di Gresik.

Laporan positif lainnya didapat dari Pantai Gebang, Bangkalan, Madura. Di lokasi itu, kata Sholeh Hayat, dua petugas bernama Mashudi dan Abdul Wahid juga telah melihat hilal.

Untuk melakukan pengamatan, petugas juga dilengkapi dengan teropong guna memastikan melihat hilal atau tidak. Dan, di sejumlah lokasi, disebutkan juga banyak yang gagal, tidak melihat hilal. "Sejumlah tempat lainnya juga ada yang gagal, karena pengaruh cuaca," lanjut Sholeh.

Lokasi tempat pengamatan yang gagal melihat hilal di antaranya Pamekasan, Pantai Serang di Blitar, Tanjung Kodok di Lamongan, Pantai Kalbot Situbondo, Gili Ketapang, Pantai Nambangan Surabaya, dan Pantai Kencong Jember.

Meski sejumlah lokasi lainnya gagal melihat hilal, lanjut Sholeh, dua di antaranya sudah memastikan telah melihat. Dan itu menjadi patokan serta sah dipakai acuan. "Sudah sah itu, ukurannya memang itu, sudah ada yang melihat," tegasnya. (art)

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States

Laporan: Tudji Martudji l Surabaya

VIVA Otomotif: SPKLU di rest area untuk mobil listrik

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Anggota BPJT Unsur Masyarakat, Tulus Abadi menambahkan pihaknya juga sudah menyediakan SPKLU bagi pemudik, yang berkendara menggunakan mobil listrik di sejumlah rest area

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024