FOTO: Gemerlap Solo Batik Carnival

Karnaval batik Solo
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews - Solo Batik Carnival ke-4 menyedot ribuan pengunjung yang menyesaksi tepian aren karnaval di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Solo, Sabtu malam, 25 Juni 2011. Tak hanya warga lokal tapi juga wisatawan domestik dan mancanegara.

Mengusung tema 'Keajaiban Legenda Jawa', karnaval tahunan ini menampilkan ratusan peserta dalam balutan kostum modifikasi berbahan dasar batik.

Salah satu yang menjadi pusat perhatian adalah kehadiran Putri Indonesia 2010, Nadine Alexandra Ames, yang tampil memesona berbalut kostum Kanjeng Ratu Selatan. Ia menonjol di antara deretan peserta yang berbalut kostum indah bertema Ande-ande Lumut, Roro Jonggrang, atau Ratu Kencono Wungu.

Bergerak dari kawasan Purwosari, karnaval berakhir di Balaikota Solo. Para peserta mendapat pengawalan drumband prajurit keraton, pembawa panji-panji, dan seratus penari mbabar batik. Kemeriahan semakin lengkap dengan kehadiran sejumlah kereta kencana yang ditumpangi para tamu kehormatan.

“Kostum modifikasi batik lebih beragam dibanding lainnya. Tidak rugi, saya datang jauh-jauh ke Solo. Cuma yang mengecewakan adalah manajemen penonton yang tidak teratur. Selain itu, tata cahaya juga kurang memadai, mengingat  pawai ini diadakan malam hari,” kata seorang pengunjung asal Yogyakarta.

Dalam karnaval ini, Walikota Solo, Joko Widodo, dan Wakil Walikota Solo, Fx Hadi Rudyatmo turut berjalan kaki, menyalami pengunjung sekaligus mengatur supaya rapi. Simak kemeriahannya Solo Batik Carnival di sini. (Laporan: Fajar Sodiq | Solo, umi)

Kasus Pemalsuan Surat Lahan, Gubernur Kepri Sebut Bisa Diselesaikan dengan Musyawarah
Seorang pria Palestina membawa mayat seorang anak yang tewas akibat serangan Israel. (ilustrasi)

Biadab! Israel Eksekusi Anak Palestina Beramai-ramai dari Usia 4-16 Tahun

Kesaksian yang terdokumentasi telah dikumpulkan mengenai eksekusi anak-anak Palestina di Gaza oleh pasukan pendudukan Israel di dalam dan di sekitar Rumah Sakit Al-Shifa.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024