Sabtu, 30 Agustus 2014
05:22 WIB
Empat Jenderal Berpotensi Besar Gantikan Ito
Dari empat nama yang berpeluang besar itu, ada dua jenderal yang bisa jadi calon kuat.
Ito Sumardi
Eko Huda S | Jum'at, 10 Juni 2011, 11:38 WIB

VIVAnews - Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane mengatakan ada empat nama jenderal polisi yang berpeluang besar menggantikan Komjen Ito Sumardi sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (Kabareskrim).

"Dari pendataan IPW, saat ini ada empat jenderal yang disebut-sebut bersaing ketat untuk menduduki posisi Kabareskrim Polri yang akan ditinggalkan Komjen Ito Sumardi," kata Neta di Jakarta, Jum'at 10 Juni 2011.

Dia mengatakan, keempat jenderal yang berpotensi menjadi Kabareskrim itu adalah Inspektur Jenderal Bambang Widaryatmo yang saat ini menjabat Kapolda Kaltim dan lulusan Akpol 1978, Inspektur Jenderal Sutarman yang saat ini menjadi Kapolda Metro Jaya dan lulusan Akpol 1981). Lalu Irjen Badroedin Haiti (Korsahli Kapolri Akpol, lulusan Akpol 1982), dan Irjen Iskandar Hasan (Kapolda Aceh, lulusan Akpol 80).

Menurut Neta, dari keempat calon yang bersaing ketat hanya ada dua yang menjadi calon kuat, yakni Irjen Bambang dan Irjen Sutarman. "Bambang dikenal sebagai tim sukses inti Timur Pradopo saat menjadi calon Kapolri," kata dia.

"Sedangkan Sutarman adalah mantan ajudan Presiden Gus Dur yang dikenal dekat dengan Presiden SBY."

Sebelumnya, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar mengatakan nama-nama pengganti Ito Sumardi itu tinggal menunggu waktu saja.

Ito Sumardi akan memasuki masa pensiun pada 16 Juni 2011 mendatang. Selain posisi Kabareskrim, posisi Wakabareskrim yang saat ini dijabat Irjen Mathius Salempang juga akan diganti. Karena Mathius juga akan memasuki masa pensiun. (adi)

© VIVA.co.id

SHARE

BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER
A A A
Kanal Lainnya