Tim Penjinak Bom Amankan Tour de Singkarak

Tour De Singkarak
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Polisi Daerah Sumatera Barat menjaga ketat jalannya lomba balap sepeda Tour de Singkarak yang berlangsung sejak 6 Juni hingga 12 Juni 2011. Tiga tim penjinak bom dari satuan Gegana Brimob Polda Sumbar diturunkan mengamankan jalannya lomba.

Selain menurunkan 30 orang penjinak bom, secara keseluruhan, Polda Sumbar menurunkan 4.558 personel untuk mengamankan sejumlah fasilitas penginapan atlet dan jalur yang dilewati. “Sasaran pengamanan kami atlet, panitia, jalur yang dilewati, dan penginapan tempat mereka menginap,” ujar Kepala Bagian Pengendalian Operasi Polda Sumbar AKBP Marajo, Jumat, 3 Juni 2011.

Menurut Marajo, pihaknya hanya mewaspadai kemungkinan buruk yang bisa mengancam jalannya even tahunan tersebut. Tim yang mengamankan jalannya lomba balap sepeda internasional ini disebar pada 12 kota/kabupaten yang dilalui para peserta.

Sejauh ini, tercatat sebanyak 15 tim asing dan 10 tim nasional akan bertarung menjadi yang terbaik di ajang balap sepeda tersebut. Para pebalap ini akan melahap tujuh stage TdS sepanjang 760,3 kilometer yang akan menguji stamina dan strategi mereka.

Tercatat sebanyak 225 pebalap akan beradu cepat pada TdS 2011. Stage pertama akan digelar di Pantai Padang dengan memperlombakan kelas sirkuit race. Dari rute TdS tahun ini, etape ketiga dari Pariaman menuju Bukittinggi menjadi adu kemampuan tanjakan bagi para pebalap nasional maupun internasional yang berlaga tahun ini. Para pebalap akan melahap tanjakan Kelok 44 yang diperkirakan menjadi rute tersulit tahun ini.

Tahun lalu, pebalap nasional Usman Ali dari United Bike Kencana menjadi 'Raja Tanjakan' mengalahkan sejumlah pebalap asal Iran. Pebalap Iran Ghader Mizbani dari Tabritz Petrochemical Cycling Team merajai ajang TdS sejak mulai diperlombakan 2009 lalu.

Saat ini, finishing sejumlah rute tengah dilakukan panitia pelaksana jelang pelaksanaan lomba. Sejumlah rute masih sedang dalam perbaikan yakni jalur pada etape V di kawasan Sawahlunto.

Berikut Etape TdS tahun ini:

Etape I Padang

Etape II Padang menuju Pariaman

Etape III Pariaman—Bukittinggi

Etape IV Bukittinggi—Lembah Harau

Etape V Payakumbuh—Sawahlunto

Etape VI A Sawahlunto—Istano Basa Pagaruyuang

Etape VI B Istano Pagaruyuang—Padang Panjang

Etape VII A Padang Panjang—Danau Kembar

Etape VII B Danau Kembar—Danau Singkarak

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

Laporan: Eri Naldi| Padang

(art)

Pemprov: Warga Jakarta yang NIK-nya Dinonaktifkan Bisa Ajukan Keberatan
Prabowo Subianto

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengimbau para pendukung atau simpatisannya untuk mengurungkan aksi di Mahkamah Konstitusi (MK) atau tempat lainnya jelang putusan MK.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024