Rabu, 3 September 2014
06:41 WIB
Square Buat Aplikasi Pembayaran Praktis
Pembeli tak perlu lagi mengeluarkan kartu kredit dari dompet dan menyerahkannya ke kasir.
Aplikasi pembayaran mobile besutan Square
Indra Darmawan | Selasa, 24 Mei 2011, 15:45 WIB

 

VIVAnews - Square, perusahaan startup yang didirikan oleh salah satu pendiri Twitter, Jack Dorsey, meluncurkan aplikasi ponsel terbaru yang memungkinkan pengguna untuk membayar dengan hanya memberitahukan nama kepada kasir toko.

Aplikasi bernama Card Case itu memungkinkan pengguna ponsel iPhone maupun Android, yang telah terdaftar dalam database Square, bisa membeli berbagai minuman dan makanan di sebuah restoran atau warung kopi, dengan mengeklik produk yang ingin dibeli pada aplikasi ponsel, lalu membayarnya dengan cara memberitahu nama mereka kepada kasir.

"Cash register dan terminal kartu kredit adalah sistem transaksi komersial kuno yang mahal, rumit, dan tidak personal. Dengan Card Case, kita mengubah transaksi antara pembeli dan penjual menjadi sesuatu yang spesial," kata Dorsey, dikutip dari situs Mashable.

Pada akhirnya, sistem ini memang tetap akan menagihkan pembayaran tersebut kepada pengguna, melalui akun kartu kredit mereka. Setidaknya, cara ini menawarkan kepraktisan, karena pemilik kartu kredit tak perlu membuka dompet dan menyerahkan kartu kredit mereka kepada sang kasir. 

Pertama-tama, pengguna memang tetap harus melakukan pembelian sebuah produk di toko yang telah bekerja sama dengan Square, dengan menyerahkan kartu kredit mereka. Kemudian, toko tersebut biasanya akan memindai kartu kredit pengguna dengan sebuah alat pembaca kartu, yang dipasangkan pada iPad milik toko. 

Selain itu, toko juga akan meminta nomor telepon pengguna. Setelah itu, kwitansi elektronik akan dikirimkan kepada ponsel pembeli disertai sebuah link yang mengarahkan pengguna untuk mengunduh aplikasi Card Case. Setelah terinstal, pengguna mulai dapat menggunakan aplikasi ini.

 

Cards-in-case

 

Tak seperti di awal, pengguna sudah bisa melakukan pembelian tanpa mengeluarkan kartu kredit fisiknya. Setelah memasukkan nomor pin, pengguna bisa melakukan pembelian berdasarkan 'tab' pembelian pada toko yang pernah dikunjungi atau pembelian di 'tab' baru pada toko yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

 

Feature-directory

 

Pada tombol Explore Places, pengguna diajak untuk mencari pilihan tempat-tempat makan, lengkap dengan menu yang tersedia, harga, dan jarak toko itu dari lokasi pengguna. Setelah menemukan tempat yang menarik, pengguna bisa memulai 'tab' baru dan memilih makanan atau minuman yang diinginkan.

 

 

Kemudian pengguna memastikan pembelian dengan menekan tombol Ready to Pay di ponsel, sehingga pada layar iPad milik toko, nama pengguna akan tertera di daftar pembeli yang hendak membayar. Kepada kasir, pengguna tinggal menyebutkan namanya untuk dilakukan konfirmasi pembayaran di layar iPad.

 

 

Seperti dilansir situs San Francisco Chronicle, ide besar Square adalah membuat pembayaran menjadi lebih mudah dan lebih cepat bagi pembeli maupun penjual. Namun, di masa yang akan datang metode ini bisa mengancam keberadaan kartu kredit.

Sebab, walau saat ini aplikasi itu masih mengenakan pembayaran akhir pada sistem kartu kredit, ke depan Square bisa dengan mudah mengalihkan pembayarannya, langsung ke rekening bank nasabah, atau mungkin bisa saja ke akun Square tersendiri, bila suatu saat Square membuatnya.

Saat ini, layanan pembayaran dengan nama tersebut baru tersedia di 50 toko yang berada di New York, San Francisco, Washington, St. Louis dan Los Angeles, Amerika Serikat.

 

© VIVA.co.id

SHARE

BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER
A A A
Kanal Lainnya