Cuti Bersama

Bank Besar Tetap Buka Seperti Biasa

Nasabah transaksi di Bank Mandiri.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Bank Indonesia (BI) menetapkan Senin, 16 Mei 2011 sebagai cuti bersama. Kendati libur, BI tetap melayani operasional secara terbatas, yaitu transaksi kliring, real time gross settlement (RTGS), dan pelayanan uang tunai.

Hal itu untuk mengantisipasi pelaku usaha yang merencanakan kegiatannya pada Senin agar bisa melakukan aktivitas ekonomi. Sementara itu, untuk perbankan, BI menyerahkan keputusan kepada masing-masing bank. "Kalau bank mau libur silakan, tapi jika ada kegiatan perbankan, BI tetap melayani," ujar Kepala Biro Humas BI Difi A Johansyah.

Bagaimana dengan bank besar? Kendati BI beroperasi secara terbatas, beberapa bank memutuskan untuk tetap beroperasi secara penuh, atau melayani nasabah seperti biasa.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

PT Bank Mandiri Tbk misalnya, bank beraset terbesar itu tetap beroperasi secara penuh. "Hari Senin 16 Mei 2011, seluruh kegiatan operasional Bank Mandiri tetap aktif dan memberikan pelayanan seperti biasa," ujar Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri, Sukoriyanto Saputro, di Jakarta.

Menurut dia, keputusan Bank Mandiri beroperasi normal dan melayani masyarakat yang membutuhkan layanan perbankan untuk menyesuaikan dengan layanan kliring dan RTGS BI yang berjalan seperti biasa.

Begitu juga dengan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI). Vice President Investor and Public Relations BNI, Ryan Kiryanto, mengatakan BNI memberlakukan pelayanan penuh seperti biasa.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Bank besar lainnya, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) juga memberlakukan kebijakan sama, yaitu beroperasi seperti biasa. "BCA buka normal dan penuh," ujar Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja kepada VIVAnews.com.

Seperti diketahui, pemerintah menetapkan hari ini sebagai hari cuti bersama, berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendayagunaan dan Reformasi Birokrasi, Menteri Agama, dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi tertanggal SKB No 2/ 2011/ Kep./Men/V/ 2011 dan SKB/01/M.Pan-RB/05/2011.

Dengan keputusan ini, maka akan terdapat empat hari libur berturut-turut mulai Sabtu 14 Mei hingga Selasa 17 Mei 2011 yang merupakan Hari Raya Waisak. Pemerintah tidak melarang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ingin memanfaatkan tanggal 16 Mei 2011 sebagai hari libur.

"Pemerintah memberi kesempatan kepada PNS yang kemudian akan dikoordinasikan kepada pimpinan masing-masing instansi," kata Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono, di Kantor Presiden, Jumat 13 Mei 2011. (art)

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Thailand Prime Minister Srettha Thavisin welcomed an extraordinary visitor at his offices, an enormous white buffalo named Ko Muang Phet.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024