Foke Teleconference dari London

Fauzi Bowo
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Pemerintah DKI Jakarta mendapat banyak masukan dari sejumlah negara yang ikut hadir dalam konferensi internasional Chatham House di London, Inggris yang membahas solusi masalah perkotaan.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo yang ikut dalam pertemuan itu menjelaskan, perlu adanya kesetaraan dalam membicarakan program pembangunan antara pemerintah pusat dan pemerintah regional, antara lain studi The Greater Jakarta, atau kerja sama antarprovinsi sebagai pemerintah daerah otonom.

Dalam hal ini, bukan hanya dari pusat ke daerah saja, melainkan kerjasama yang menentukan keberhasilan pembangunan karena ada strategi terpadu antara pusat dengan daerah.  "Kondisi ini melibatkan daerah untuk mengambil keputusan. Selain itu pemerintah harus transparan dan akuntabel serta melibatkan warganya," ujar Fauzi Bowo saat teleconference dari London, Inggris dengan wartawan di Balaikota DKI Jakarta, Rabu 2 Maret 2011.

Dalam konferensi internasional itu, Foke menerangkan peranan kota sebagai satu entitas yang dinamis dan berkembang positif. Hampir seluruh kota besar negara lain yang hadir, mengalami tuntutan dan permasalahan yang hampir sama. "Paling penting menanggapi tuntutan warga kota sebagai stakeholder, pemerintah harus memperhatikan hak dan kewajiban warga," paparnya.

Foke menjelaskan bagaimana seluruh pemimpin kota yang menjadi peserta konferensi ini sepakat untuk perlunya mengubah dan merestrukturisasi program pembangunan dan pelayanan pemerintah kota untuk lebih aktif melibatkan warga.  (adi)

Sri Mulyani Pede Inflasi Melandai di Kuartal-II 2024 Seiring Turunnya Harga Beras
Mualaf di Amerika Serikat

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Mereka yang terdiri dari laki-laki ataupun perempuan ini pun terlihat lancar mengucap dua kalimat syahadat di Masjid Germantown Amerika Serikat di hadapan pria berjenggot

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024