Pesawat Menteri Malaysia Sudah Dipulangkan

Ilustrasi bandara.
Sumber :
  • Antara/ Eric Ireng

VIVAnews -- Pesawat carter yang mengangkut 81 penumpang termasuk Menteri Pertanian Malaysia Datok Noh bin Omar sempat tertahan di Bandara Juanda, Jawa Timur, Selasa, 14 Desember 2010.

Pesawat dengan nomor penerbangan BAE 146-200  berangkat dari Dili, Timor Leste dan mendarat di Juanda sekitar pukul 14.25 setelah dua jam lepas landas. Untuk mengisi bahan bakar.

"Soal ini dalam penanganan di Kementerian Luar Negeri dan TNI. Saya tidak bIsa bicara banyak," kata Kadispen Armatim, Mayor Yayan Sujana dalam pesan pendeknya kepada VIVAnews, Rabu 15 Desember 2010.

Ditambahkan Mayor Yayan, berdasarkan informasi yang diperoleh, pesawat BAE 146-200 tersebut belum memiliki izin mendarat. "Pukul 20.30 WIB, izin telah diperoleh dari Kemenlu. Namun saya belum dapat informasi lebih lanjut kapan pesawat bisa berangkat," kata dia.

Sebelumnya, General Manager PT Angkasa Pura I, Trikora Hardjo mengatakan, penahanan dilakukan sebab, setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata pesawat yang tengah menempuh rute penerbangan dari Dili, Timor Leste menuju Malaka tersebut tidak dilengkapi security clearance.

Bandara Juanda tidak bisa melarang pesawat yang mendarat untuk keperluan pengisian bahan bakar. Namun, dalam aturan, pesawat yang hendak melakukan mengisian bahan bakar harus bisa menunjukkan surat izin ke bandara setempat.

Sejumlah penumpang menunggu proses prizinan. Sementara, Menteri Pertanian negeri tetangga berikut pejabat yang menyertainya telah melanjutkan penerbangan kembali ke tujuan. "Mereka melanjutkan penerbangan dengan pesawat komersil," tutur Trikora, Senin malam.

Sementara, seperti dimuat situs berita Malaysia, The Star, pesawat tersebut dicarter dari Heritage Wings oleh negara bagian Melaka untuk kepentingan perjalanan investasi ke Timor Leste.

Editor Star (M) Publications Bhd, M. Veera Pandiyan yang ada dalam pesawat mengatakan, rombongannya baru meninggalkan Bandara Juanda tengah malam.

Ia mengatakan mendapat perlakuan baik dari pihak TNI dan pejabat setempat. Juga diberi makanan. Pesawat mendarat dengan selamat di Bandara Batu Berendam, Melaka sekitar pukul 02.25 waktu setempat.

Laporan: Tudji Martudji| Surabaya

Kisah Perjuangan Petugas Tambat Kapal, Sigap Tarik Tambang Jumbo hingga Pertaruhkan Nyawa
Polisi Mengatur Lalu Lintas di Depan Pelabuhan Merak

Puncak Arus Balik, Polda Banten Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Puncak Arus Balik dan Wisata Bersamaan, Polda Banten Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024