Bisa Makan Nasi, Kondisi Sumiati Membaik

Ilustrasi kekerasan.
Sumber :
  • Nadya

VIVAnews - Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia terus mendampingi tenaga kerja wanita, Sumiati, yang dianiaya majikannya di Arab Saudi. Dibandingkan dengan kondisi sebelumnya, saat ini keadaan Sumiati telah mengalami kemajuan.

"Membaik dan sudah mulai mau makan nasi, bahkan sudah memesan mangga. Sebelumnya kita ketahui bersama, lukanya cukup parah," ujar Juru Bicara Departemen Luar Negeri, Michael Tene, saat dihubungi VIVAnews, Rabu 17 November 2010.

Menurut Michael Tene, berdasarkan laporan terakhir dari Kedutaan Besar RI di Jedaah, belum ada laporan yang menggambarkan kondisi psikis Sumiati. Meski demikian, pemerintah akan tetap melakukan pemulihan secara mental.
 
"Memang baru sebatas kondisi fisik. Tentu butuh waktu pemulihan secara mental," ujarnya.

Sementara langkah konkrit yang saat ini telah ditempuh untuk mengatasi persoalan yang menimpa Sumiati, KBRI di Jeddah telah mengirim staf untuk memastikan perawatan yang dibutuhkan Sumiati dan menunjuk dokter Indonesia yang sudah lama bekerja di Arab Saudi. Kasusnya telah dilaporkan kepada kepolisian setempat, dan kuasa hukum juga telah disiapkan.

"Kita menawarkan pada keluarga korban untuk mendampingi Sumiati," ujarnya lagi.

Kekerasan terhadap Sumiati oleh majikannya di Arab Saudi, terungkap setelah TKW itu mendatangi rumah sakit di Madina. Petugas medis kemudian menolak karena kondisi Sumiati sangat serius dan butuh penangan intensif.

Wanita berusia 23 tahun itu dirujuk ke Rumah Sakit lain dengan luka bakar pada beberapa titik. Kedua kaki Sumiati nyaris lumpuh, kulit tubuh dan kepalanya terkelupas, jari tengah retak, alis matanya rusak. Dan yang lebih parah, bibir bagian atas hilang.

Diduga, majikan wanita yang kerap melakukan kekerasan terhadap Sumiati. Wanita yang tidak bisa berbahasa arab ini menerima kekerasan secara berkali-kali, bahkan mengalami luka akibat setrika panas. (umi)

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024