Lima Gajah Candi Borobudur Dievakuasi

Gajah Lampung
Sumber :
  • wordpress.com

VIVAnews - Lima ekor gajah yang juga ikut membantu meningkatkan objek wisata di Candi Borobudur kondisinya mengkhawatirkan akibat abu vulkanik Gunung Merapi. Siang ini, lima ekor gajah itu akan dievakuasi.

"Sekitar pukul dua siang, lima ekor gajah itu akan dievakuasi ke Kebun Binatang Gembiraloka," kata Manajer Kebun Binatang Gembiraloka, Joko Tirtono, kepada VIVAnews.com.

Menurut Joko, kondisi kesehatan gajah itu dikhawatirkan terganggu akibat hempasan abu vulkanik yang sampai ke Borobudur. Abu vulkanik diperkirakan menggangu saluran pernafasan, mata, hingga tercampur ke air minuman gajah-gajah nahas itu.

"Gajah-gajah itu tidak bisa dipasangi masker. Maka kami akan evakuasi semuanya," ujar pria yang mendapat gelar Tirtodiprojo dari Keraton Pakualaman ini.

Rencananya, lima ekor gajah ini akan dievakuasi menggunakan dua sampai tiga unit mobil truk tronton. Evakuasi gajah-gajah ini sudah mendapat persetujuan dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta.

Nantinya, gajah-gajah itu untuk sementara akan dirawat di Gembiraloka. "Biaya perawatannya untuk satu ekor gajah sekitar Rp4-5 juta per bulan," ujar dia.

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10
[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub]

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kembali membuka pendaftaran mudik gratis moda bus sebanyak 10 ribu orang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024