"Merapi Itu Seperti Harimau Lapar"

Gunung Merapi
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro A

VIVAnews - Sejumlah warga diduga masih tertimbun di lereng Gunung Merapi sejak gunung ini erupsi, 26 Oktober lalu. Relawan yang  mencoba mengevakuasi para korban kini tak bisa hanya mengandalkan teori.

Salah satu relawan, Iman Surahman mengatakan evakuasi korban Merapi kini harus mengandalkan feeling dan doa. Sebab Merapi kini seperti harimau lapar.

"Kami masuk (dusun untuk evakuasi) kalau dia [Merapi] sedang lengah atau tidur," kata Iman dalam perbincangan dengan VIVAnews, Jumat 12 November 2010.

Relawan pun akhirnya seperti kucing-kucingan dengan awan panas yang dimuntahkan Merapi. "Sering kami sudah jalan mau evakuasi, terpaksa turun lagi karena ada gerakan wedhus gembel (awan panas)," kata dia.

Satu pengalaman yang paling tak terlupakan oleh relawan yang juga pendongeng ini adalah saat mengevakuasi salah satu wartawan VIVAnews, Yuniawan Wahyu Nugroho. Saat itu, Wawan ditemukan tewas di rumah juru kunci Merapi, Mbah Maridjan, 26 Oktober lalu.

Pengalaman kedua yang paling dia ingat, saat menyisir sebuah dusun. Iman sempat menginjak jasad korban letusan yang tertimbun pasir. "Waktu saya injak pasir, kaki saya tersangkut tangan korban."

Iman langsung mengangkat jasad tersebut. "Mungkin dia mau bilang, angkat saya duluan."

Relawan lainnya, Akhsin Muamar juga menceritakan bagaimana relawan berpacu dengan awan panas saat melakukan evakuasi. Apalagi sekarang tak ada batang pohon atau rumah yang menghalangi gerak wedhus gembel. "Sudah kayak jalan tol karena sebagian besar dusun dekat puncak sudah rata dengan tanah dan tertutup pasir," kata dia.

Seperti evakuasi hari ini di Dusun Bakalan, Wukirsari, Cangkringan, Sleman. Relawan hanya bisa mengangkat dua jasad suami istri. "Pasir sudah menutup seluruh dusun itu."

Dia mengaku merinding saat menyisir dusun ini mengingat jumlah warga yang terkubur abu vulkanik dan pasir. "Dua mayat itu sudah sangat bau. Kami sampai mual," kata dia.

Dia mengakui letusan Gunung Merapi tahun ini sedikit berbeda. Akhsin lalu membandingkan dengan letusan Sinabung di mana dia pun menjadi relawan. "Kalau Sinabung meletus ya sudah selesai. Kalau Merapi ini ibarat orang mau muntah, dia meludah-ludah dulu," kata dia.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Namun, kata dia, evakuasi tetap harus dilakukan karena masih banyak dusun yang belum tersisir. "Kalau kami mengangkat jasad, pasti kami doakan dulu baru masuk kantung mayat." (umi)

Rizky Nazar

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Rizky Nazar menjelaskan dirinya pergi ke tempat yang ada di video tersebut ramai-ramai dan tidak berduaan dengan Salsha Adriani.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024