Perubahan Zona Aman Merapi Tunggu Tiga Hari

MERAPI MELETUS LAGI
Sumber :
  • AP Photo/Gembong Nusantara

VIVAnews - Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Kegunungapian Subandriyo mengatakan kalau aktivitas Gunung Merapi mengalami penurunan. Namun, untuk memastikan apakah batas zona aman dapat diubah masih harus dilakukan rapat koordinasi.

"Kemungkinan akan diputusakan dua atau tiga hari," ujarnya saat dihubungi VIVAnews, Rabu 10 November 2010.

Saat ini yang masih menjadi ancaman adalah banjir lahar dingin. Apalagi ditambah intensitas hujan yang dua hari terakhir cukup tinggi, meski tren Merapi dalam tiga hari terakhir terus mengalami penurunan.

"Ini yang patut diwaspadai, ditambah lagi pendangkalan sejumlah sungai. tidak menutup kemungkinan lahar dingin akan menerobos pemukiman," ujarnya lagi.

Ditambahkan Subandriyo, hingga pukul 18.00 WIB, dari pantauan, telah terjadi empat gempa vulkanik, dan terjadi gempa guguran sebanyai enam kali, dan sekali awan panas.

Dari hasil pemantauan visual, pada dini hari telah terjadi kepulan asap setinggi 800 meter pada pukul 03.58 WIB. Kolom asap setinggi 1,5 km berwarna putih kecoklatan pada pukul 10.00 WIB.

Keadaan ini mengakibatkan terjadinyan hujan abu yang sangat lebat di kawasan Sawangan, Talun, Muntilan, dan Krinjing, yang berakibat jarak pandang hanya 5 menter. Suara gemuruh terjadi dengan intensitas lemah dan sedang. (hs)

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I
Billy Syahputra

Dekat dengan Banyak Wanita, Billy Syahputra Gerah Sering Dijodohkan

Billy Syahputra mengaku sempat ‘gerah’ dengan komentar netizen yang selalu menjodoh-jodohkannya dengan wanita yang dekat dengannya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024