Korban Jiwa Merapi Bertambah

Letusan Merapi
Sumber :
  • ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

VIVAnews -- Bertambah lagi korban jiwa yang terenggut akibat erupsi Gunung Merapi. Seorang warga bernama Nardiwoyono menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Sardjito, Yogyakarta.

Pria 64 tahun itu adalah korban terjangan awan panas 'wedhus gembel'. 

"Jadi total, meninggal dunia 40 orang," kata Staf Khusus Presiden Bidang Bencana Alam, Andi Arief, dalam akun Twitternya, Kamis 4 November 2010.

Sementara, lima korban luka bakar masih dirawat --tiga RS Sardjito dan dua lainnya RS Bethesda. Sementara, enam pasien luka ringan dirawat di RS Sardjito dan RS Panti Nugroho. Untuk pengungsi, data terakhir menyebutkan jumlahnya mencapai  22.591 orang.

Sebelumnya, juga dilaporkan, ada tiga warga Provinsi Jawa Tengah yang meninggal akibat erupsi Merapi. Jika dijumlahkan, total korban jiwa Merapi di dua provinsi berjumlah 43 orang.

Awan panas makin mengancam

Letusan gunung Merapi masih terus berlangsung hingga Kamis 4 November 2010 dini hari.  Letusan yang keluar dari puncak Merapi juga berupa awan panas 'wedhus gembel'.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, luncuran awan panas mendekati jarak 12 kilometer dari puncak gunung.

"Tetapi ketetapan radius evakuasi tetap 15 kilometer, belum ada keputusan baru," kata Andi Arief mengutip pernyataan Surono.

Sejal pukul 16.00, Rabu 3 November 2010, kawasan rawan bencana Merapi diperluas dari 10 kilometer menjadi 15 kilometer.

Imbauan ini dikeluarkan karena awan panas sudah muntah dari Merapi hampir sekitar empat jam lamanya. Ini merupakan luncuran terlama sejak letusan pertama yang merenggut sekitar 39 orang pada 26 Oktober 2010.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

(Laporan: Fajar Sodiq | Yogyakarta, umi)

Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024