Menakertrans Serahkan Bantuan ke Merapi

Erupsi terbesar Gunung Merapi tahun 2010
Sumber :
  • ANTARA/Anis Efizudin

VIVAnews - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menyerahkan bantuan untuk pengungsi letusan Gunung Merapi. Bantuan kali ini berupa enam unit mobil tanggap darurat Keselamatan dan Kesehatan Kerja plus teknisinya dan 16 Modul Training Unit (MTU) untuk mengisi kegiatan pelatihan ketrampilan bagi pengungsi.

Selain itu juga diterjunkan tenaga dokter sebanyak 16 orang dan tenaga medis sebanyak 20 orang. Rombongan yang telah berangkat pada pukul 8 pagi ini dibekali dengan obat-obatan untuk 2000 orang.

Sebagian tim sudah diberangkatkan lebih awal mengingat kebutuhan yang mendesak di lapangan, dan telah memulai pelayanannya di dua tempat yaitu di desa Cangkringan Kabupaten Sleman dan dipusatkan di Pondok Pesantren Al-Qodir untuk melayani 300 pengungsi, dan di desa Mungkit Kabupaten Magelang. "Kami harapkan bantuan ini dapat bermanfaat bagi para korban," kata Muhaimin kepada wartawan di kantornya.

Sebelumnya Menakertrans telah mengunjungi para pengungsi di beberapa tempat penampungan untuk memberikan bantuan sekaligus berdialog langsung dengan para pengungsi.

Berdasarkan hasil kunjungan Menakertrans ke lokasi bencana di Yogyakarta, ternyata masih banyak kebutuhan para pengungsi yang belum dapat terpenuhi mengingat waktu berakhirnya pengungsian belum dapat diperkirakan.

Rumah Bagi Wasior dan Mentawai
Selain itu, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi juga akan membangun pemukiman bagi korban banjir bandang di Wasior, Papua Barat, dalam suatu pemukiman transmigrasi. Pemukiman direncanakan akan dapat menampung 200 kepala keluarga (KK). Rencana pembangunan ini merupakan hasil koordinasi Kemenakertrans dengan Pemerintah setempat dan sepakat akan dimulai pada tahun 2011.

Sementara untuk korban gempa bumi dan tsunami di Kepulauan Mentawai, pihaknya tengah menjajaki kemungkinan relokasi penduduk melalui pembangunan transmigrasi bagi 200 KK. "Sepanjang masih tersedia lahan yang potensial dan memenuhi aspek legal teknis."

Pada kesempatan tersebut Menakertrans juga menyerahkan dompet kemanusiaan yang dikumpulkan oleh semua pegawai di lingkungan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi sebanyak Rp353.901.500.

“Kami turut prihatin dan berempati atas dampak yang ditimbulkan bencana alam khususnya yang telah mengakibatkan terjadinya korban jiwa."

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024
Waketum Partai Perindo, Angela Tanoesoedibjo

Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap

Wakil Ketum Partai Perindo Angela Tanoesoedibjo menyampaikan sikap partai mewakili Ketua Umum Hary Tanoesoedibjo, pasca keputusan MK dan penetapan Prabowo-Gibran pemenang

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024