Tenda Pengungsi di Dukun Bolong Kena Kerikil

Pengungsi letusan Gunung Merapi
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pengungsi letusan Gunung Merapi di Desa Dukun, Kabupaten Magelang, harus direlokasi. Sebab, lokasi pengungsian mereka rusak akibat letusan hebat Gunung Merapi yang terjadi Rabu 3 November 2010 sore.

"Saat hujan abu yang turun bercampur dengan kerikil panas membuat 11 tenda peleton jebol," kata Komandan Dandim 0705 Magelang, Letkol Inf Ida Bagus Surya, di Sleman, Yogyakarta, Kamis 4 November 2010.

Sebanyak 1.600 pengungsi Desa Dukun ini pun harus direlokasi. Rencananya, mereka akan dipindahkan ke Lapangan Pasturan dan Lapangan Gunung Pring Muntilan. "Kami sudah menyiapkan 40 tenda pleton dan dua unit dapur umum," jelasnya.

Pagi tadi Merapi kembali menunjukkan peningkatan aktivitasnya. Letusan pagi tadi disebut sebagai letusan Merapi yang paling besar dibanding sebelumnya.

Kementerian ESDM juga mengimbau agar tidak ada aktivitas penduduk di daerah rawan bencana III, khususnya yang bermukim di sekitar alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi sektor Selatan, Tenggara, dan Barat Daya dalam jarak 15 km dari puncak Gunung Merapi. Daerah ini meliputi Kali Boyong, Kali Kuning, Kali Gendol, dan Kali Woro, Kali Bebeng, Kali Krasak, dan Kali Bedog.

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

Laporan: Fajar Sodiq | Sleman

Konferensi Pers

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Aktor dan aktris ternama Tanah Air, Nicholas Saputra dan Putri Marino disatukan dalam film The Architecture of Love, produksi Starvision tayang di bioskop 30 April 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024