Sejuta Manfaat Sentuhan

Pasangan Bahagia
Sumber :

VIVAnews - Sentuhan adalah aktivitas intim yang menjadi kebutuhan dasar manusia. Tanpa sentuhan, seseorang akan jauh lebih rentan terhadap depresi, stres, mudah gelisah, kehilangan kepercayaan diri dan kehilangan motivasi.

Sentuhan memiliki banyak makna. Bisa berarti sesuatu yang dapat memberikan rasa nyaman, terhibur, atau bahagia. Saling menyentuh secara rutin membuat endorfin mengalir, yang menciptakan kenikmatan dan ketenangan untuk membantu meredakan stres.

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

Kenali lebih jauh manfaat sentuhan, seperti dikutip dari laman Modernmom.

Perkembangan fisik yang baik
Bayi yang baru lahir secara naluriah mendambakan sentuhan ibunya. Bayi memperoleh ketenangan saat kulitnya bertemu dengan kulit sang ibu. Sentuhan memiliki efek baik untuk bayi. Fisik bayi prematur akan berkembang lebih baik jika sering mendapatkan sentuhan.

Menurut Alice Sterling Honig, PhD, pakar perkembangan anak di Syracuse University, mengatakan, bayi yang jarang mendapat sentuhan memiliki otak 20 persen lebih kecil dibanding bayi yang sering mendapatkan sentuhan orangtua.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Selain itu, anak yang mendapatkan sentuhan kasih sayang sejak bayi akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri.

Kenyamanan
Ketika anak menginjak usia balita, mereka juga merespon sentuhan manusia dengan baik. Pijatan juga mampu membuat anak hiperaktif menjadi merasa lebih tenang. Kegelisahan mereka menjadi jauh lebih rendah. Sentuhan juga memiliki dampak positif pada anak yang mempunyai gangguan perilaku.

Usir stres
Sentuhan memiliki kekuatan untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi produksi hormon stres. Aktivitas ini juga meningkatkan kadar oxytocin, yang bertanggung jawab untuk menghasilkan efek menenangkan.

Redam emosi
Sentuhan manusia, terutama dari jenis non-seksual, memiliki efek menghibur dan menenteramkan serta membantu mengelola kecemasan. Itulah sebabnya mengapa perasaan menjadi lebih baik, ketika memeluk atau memegang tangan seseorang yang Anda sayangi.

Jenis sentuhan non-seksual juga memainkan peranan penting dalam mempertahankan dan memperkuat ikatan dengan pasangan. Sentuhan non-seksual antara pasangan juga sering mencerminkan kenyamanan.

Namun, bukan hanya menyentuh orang lain yang memiliki efek positif pada emosi seseorang. Efek sentuhan bahkan juga mampu mengekang kecanduan, seperti merokok atau konsumsi alkohol.

Penyembuhan dan pemulihan
Menurut American Hospital Association, sekitar 37 persen rumah sakit di seluruh Amerika Serikat menawarkan pengobatan alternatif lewat terapi sentuhan. Terapi sentuhan dengan cara pijatan ini dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, terutama pada wanita yang menderita kanker payudara. Sentuhan tidak hanya membantu menenangkan mereka, tetapi juga mempercepat proses penyembuhan. (pet)

Chandrika Chika.

Pengakuan Chandrika Chika ke Ibunya: Gak Tau Vape yang Dihisap Ada Narkobanya

Ibunda Chandrika Chika, Poppy Putry dan suaminya, Jusman, pada Rabu malam 24 April 2024 mendatangi Polres Metro Jakarta Selatan. Kedatangan keduanya untuk mengecek Chika.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024