YLKI: BI Tidak Serius Lindungi Nasabah

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • VivaNews/ Nur Farida

VIVAnews - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai Bank Indonesia tidak serius melindungi konsumen atau nasabah bank. Peraturan yang dibuat BI dinilai cenderung memperkuat kehati-hatian dalam perbankan tetapi sangat minim melindungi nasabah.

"Banyak produk-produk yang merugikan nasabah selaku konsumen. Misalnya produk-produk bodong bank, seperti reksadana," kata Ketua Harian YLKI Daryatmo di Jakarta, Selasa, 2 November 2010.

Daryatmo mengambil contoh kasus reksadana yang banyak tidak terdaftar. "BI pasti tahu itu," kata dia.

Anggota YLKI Husna Sahir menambahkan, sektor keuangan dan perbankan selalu masuk dalam tiga besar komoditas yang dikeluhkan konsumen dalam lima tahun terakhir. "Itu berdasarkan data pengaduan yang diterima YLKI," kata Husna.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Menurut dia, lemahnya proteksi pemerintah dalam sektor keuangan dan perbankan terkait dengan kebijakan sektor keuangan global. Karena itu, kata Daryatmo, YLKI bersama organisasi konsumen seluruh dunia menyerukan agar forum ekonomi negara-negara terbesar di dunia, G20, mengambil tindakan segera untuk melindungi konsumen jasa keuangan melalui pembentukan Kelompok Pakar (Expert Group) Perlindungan Konsumen Keuangan.

Kelompok ini diusulkan terdiri dari badan perlindungan konsumen independen dan pakar lain yang mewakili kepentingan konsumen jasa keuangan, baik dari negara maju maupun berkembang.

Kelompok Pakar ini nantinya akan menyampaikan laporan pada G20 Summit tahun 2011 dengan rekomendasi yang mendukung perlindungan konsumen keuangan yang efektif di dunia.

Secara khusus, Kelompok Pakar akan merekomendasikan agar pemerintah negara-negara anggota mengadopsi standar minimal terkait persyaratan kontrak yang adil dari produk, desain dan keterbukaan informasi, tata kelola dan fungsi badan perlindungan konsumen keangan, dan kelembagaan penyelesaian sengketa konsumen. (Laporan: Fina Dwi Yurhami | adi)

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024