Mantan Ketua Asosiasi Makanan Bayi:

Yang Diiklankan Hanya Susu Untuk Pertumbuhan

Bayi Harus Diberi ASI Bukan Susu Formula
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Kementerian Kesehatan akan mulai memberlakukan larangan iklan produk susu formula bagi bayi berusia di bawah satu tahun. Aturan itu akan berlaku efektif tahun depan. Yang melanggar akan diberikan sanksi administratif.

Larangan iklan susu formula itu sudah masuk dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang baru saja disetujui Presiden. RPP ini merupakan mandat dari Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009.

"Kenapa dilarang, karena susu formula tidak bagus untuk bayi baru lahir hingga usia setahun. Karena sudah diberi ASI (Air Susu Ibu)," kata Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, kemarin, Senin 25 Oktober 2010.

Namun, pengamat industri susu, Budi S Isman, menyatakan selama ini produsen susu formula memang tidak pernah mengiklankan produk untuk bayi berusia di bawah satu tahun. "Yang diiklankan adalah susu lanjutan di atas satu tahun," kata Budi kepada VIVAnews, Selasa 26 Oktober 2010.

Menurut dia, iklan produk susu formula di televisi adalah susu untuk pertumbuhan. "Kalau untuk iklan susu bayi di bawah satu tahun kami memang tahu (dilarang) dan itu tidak diiklankan," ujar mantan direktur utama PT Sari Husada itu.

Budi khawatir pemerintah dan masyarakat salah mempersepsikan mengenai produk susu formula yang diiklankan di televisi. Sebab, produk yang selama ini diiklankan adalah susu lanjutan yang diperuntukkan bagi bayi di atas satu tahun.

Apalagi, dia melanjutkan, banyak peternak dan masyarakat yang tergantung dengan industri tersebut. Budi menolak anggapan iklan susu formula secara tidak langsung berdampak pada pemaksaan bagi ibu untuk menggunakan susu formula.

"Itu tidak benar. Semua tergantung kepada para ibu. Itu pilihan," kata mantan ketua Asosiasi Produsen Makanan Bayi itu.

Bahkan, menurut dia, sebagian ibu dengan alasan tertentu juga tidak bisa memberikan ASI dan kemudian memberikan alternatif susu formula bagi bayi mereka.

Meski demikian, Budi menegaskan, industri sepakat dengan RPP mengenai pemberian ASI tersebut. Karena itu menjadi kewajiban ibu serta hak bagi bayi dan anak.

"Kalau soal ini saya setuju. Semua industri susu juga sepakat. Kalau ada yang menghalangi ibu memberikan ASI, itu yang harus dicegah," kata dia.

Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha
Chandrika Chika.

Gak Percaya Anaknya Biasa Pakai Narkoba, Ibunda Chandrika Chika: Saya Tau Anak Saya Seperti Apa

Poppy Putry, ibu Selebgram Chandrika Chika mengungkap kondisi putrinya saat ini sedang down usai ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan narkoba.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024